IDENTIFIKASI SENTIMEN TERHADAP FAKTOR PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL PAYPAL PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE

MAHARANI, MAHARANI and Fathoni, Fathoni (2024) IDENTIFIKASI SENTIMEN TERHADAP FAKTOR PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL PAYPAL PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100_0218107201_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100_0218107201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100_0218107201_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100_0218107201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100_0218107201_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100_0218107201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100_0218107201_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100_0218107201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (774kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100_0218107201_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100_0218107201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (831kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100_0218107201_06.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100_0218107201_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100_0218107201_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100_0218107201_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381924100_0218107201_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031381924100_0218107201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (469kB) | Request a copy

Abstract

PayPal merupakan salah satu akun virtual yang menyediakan layanan transfer dan pembayaran online dengan jumlah pengguna mencapai sekitar 429 juta orang. Akan tetapi, PayPal tidak termasuk dalam kategori 3 besar dompet digital yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, PayPal perlu melakukan sesuatu untuk meningkatkan daya saing antar dompet digital lainnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sentimen pengguna terhadap faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan PayPal di Indonesia berdasarkan teori bauran pemasaran 4P dan menerapkan model Decision Tree untuk menentukan sentimen pengguna terhadap aspek-aspek sesuai teori bauran pemasaran 4P. Pengujian kinerja model Decision Tree menggunakan K-Fold Cross Validation dengan nilai k=5 dan kriteria gain ratio pada aspek produk memiliki nilai akurasi sebesar 78,34%, presisi sebesar 70,85%, dan recall sebesar 38,00%. Pada aspek harga, nilai akurasi sebesar 90,69%, presisi sebesar 46,94%, dan recall sebesar 34,72%. Pada aspek tempat, nilai akurasi sebesar 57,40%, presisi sebesar 60,46%, dan recall sebesar 36,00%. Pada aspek promosi, nilai akurasi sebesar 68,65%, presisi sebesar 63,33%, dan recall sebesar 54,62%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna PayPal memberikan sentimen negatif yang signifikan pada aspek produk (97,33% sentimen negatif), harga (99,68% sentimen negatif), dan tempat (96,72% sentimen negatif), sedangkan sentimen positif yang lebih tinggi ditemukan pada aspek promosi (62,18% sentimen positif). Oleh karena itu, PayPal disarankan untuk meningkatkan kualitas layanannya dalam hal produk, harga, dan tempat, sambil terus mempertahankan kualitas promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Sentimen, PayPal, Teori Bauran Pemasaran 4P, Decision Tree, K-Fold Cross Validation.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA3038-5190 Information resources (General)
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Maharani Maharani
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:00
Last Modified: 02 Apr 2024 02:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143044

Actions (login required)

View Item View Item