NASUHA, NASUHA and Ernalida, Ernalida and Oktarina, Santi (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI POKOK BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII, SMP NEGERI I TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_56081002035.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (73MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56081002035_0015026902_0001108001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (73MB) |
|
Text
RAMA_88201_56081002035_0015026902_0001108001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56081002035_0015026902_0001108001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56081002035_0015026902_0001108001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56081002035_0015026902_0001108001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (625kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56081002035_0015026902_0001108001_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (963kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56081002035_0015026902_0001108001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami pokok berita melalui model pembelajaran kooperatif talking stick di kelas VII5 SMP Negeri 1 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII5 tahun pelajaran 2009/2010 yang memiliki kemampuan membaca rendah. Jumlah subjek penelitian sebanyak 36 orang, terdiri atas 8 orang laki-laki dan 28 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan prosedur tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung skor tes persiklus, rata-rata hasil belajar siswa persiklus, dan persentase keberhasilan pembelajaran dengan taraf keberhasilan tindakan secara klasikal 85% siswa memperoleh nilai > 65 (sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimum mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Hasil analisis disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa memahami pokok berita melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di kelas VII5 SMP Negeri 1 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Peningkatan ini diketahui dari hasil tes akhir siklus 1 rata-rata sebesar 68,47 dan ketuntasan belajar mencapai 75%, atau naik dari hasil tes awal yang rata-rata sebesar 60,00 dengan pencapaian ketuntasan belajar 44,44%. Pada siklus II besar nilai rata-rata adalah 74,58 dengan pencapaian ketuntasan belajar sebesar 88,89%. Peningkata juga terjadi pada aktivitas siswa saat diterapkan model pembelajaran talking stick di kelas VII5 SMP Negeri 1 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Selama dilakukan penelitian dari siklus I sampai pada siklus II terdapat kenaikan aktivitas siswa rata-rata sebesar 5,56%. Kata kunci: pokok berita, modelpembelajaran kooperatiftalking stick
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pokok berita, modelpembelajaran kooperatiftalking stick |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 01:10 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 01:10 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143089 |
Actions (login required)
View Item |