Penggunaan flow proof dalam pembelajaran geometri

Chn, Rafika Riana and Hartono, Yusuf and Aisyah, Nyimas (2023) Penggunaan flow proof dalam pembelajaran geometri. Aksioma, 12 (1). pp. 191-201. ISSN 2089-8703

[thumbnail of Artikel ini dipublikasikan di Jurnal Aksioma oleh UM Metro.] Text (Artikel ini dipublikasikan di Jurnal Aksioma oleh UM Metro.)
5577-23657-1-PB Penggunaan flow proof dalam pembelajaran geometri.pdf - Published Version

Download (703kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran aktivitas menggunakan flow proof dalam pembelajaran geometri berbasis bukti siswa kelas VII SMP. Flow Proof merupakan salah satu strategi yang dapat mempermudah siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri berbasis pembuktian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 39 siswa kelas VII SMP Negeri 17 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan tes tertulis. Dari aktivitas pembelajaran yang telah diaplikasikan terdapat 3 aktivitas yang telah didesain menggunakan flow proof. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serangkaian aktivitas yang dilakukan menggunakan flow proof dalam pembelajaran membantu siswa untuk membuktikan sifat-sifat jajargenjang ditinjau dari sisi, sudut dan diagonal. Kemudian Langkah-langkah yang ada pada flow proof mempermudah siswa agar dapat terbiasa untuk melakukan pembuktian.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Nyimas Aisyah
Date Deposited: 18 Apr 2024 07:45
Last Modified: 18 Apr 2024 07:48
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143201

Actions (login required)

View Item View Item