Belajar Bilangan dengan Konteks Memasak Kue Bola Ubi

Efriani, Arvin and Zulkardi, Zulkardi and Putri, Ratu Ilma Indra and Aisyah, Nyimas Belajar Bilangan dengan Konteks Memasak Kue Bola Ubi. Jurnal Obsesi. pp. 5289-5302. ISSN 2087-8885

[thumbnail of Artikel ini dipublikasikan di Jurnal Obsesi] Text (Artikel ini dipublikasikan di Jurnal Obsesi)
5025-23697-1-PB Belajar Bilangan dengan Konteks Memasak Kue Bola Ubi.pdf - Published Version

Download (555kB)

Abstract

Bermain masak-masakan merupakan aktivitas yang digemari oleh anak-anak ternyata mengandung konsep matematika yaitu bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi bilangan menggunakan konteks memasak kue bola ubi yang valid dan praktis. Metode yang digunakan yaitu design research tipe development studies yang terdiri dari preliminary dan formative evaluation. Subjek penelitian yaitu 6 expert dan 17 siswa di salah satu TK di Kota Palembang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, observasi, dokumentasi, dan walkthrough. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang valid berdasarkan komentar dan saran dari para ahli serta hasil perhitungan menggunakan indeks Aiken’s V yang terkategori validitas tinggi. Serta terkategori sangat praktis terlihat dari siswa dapat dengan mudah dalam menggunakan instrument yang sudah dikembangkan. Bahan ajar ini diharapkan menjadi pembelajaran menarik sehingga memunculkan minat dalam belajar matematika permulaan.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84002-Mathematics Education (S3)
Depositing User: Nyimas Aisyah
Date Deposited: 18 Apr 2024 07:57
Last Modified: 18 Apr 2024 07:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143203

Actions (login required)

View Item View Item