Etnomatematika pada Masjid Ki Muara Ogan Palembang dan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika SD

Marlina, Leni and Somakim, Somakim and Aisyah, Nyimas (2023) Etnomatematika pada Masjid Ki Muara Ogan Palembang dan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Indiktika, 6 (1). pp. 11-20. ISSN 2655-2345

[thumbnail of Artikel ini diterbitkan di Jurnal Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika] Text (Artikel ini diterbitkan di Jurnal Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika)
2.+Lely+Marlina Etnomatematika pada Masjid Ki Muara Ogan Palembang dan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika SD.pdf - Published Version

Download (708kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika pada bangunan Masjid Ki Muara Ogan; dan 2)Mengukur efek potensial dari pengintegrasian LKPD berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar matematika SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian etnografi untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika pada bangunan Masjid Ki Muara Ogan. Selanjutnya hasil eksplorasi etnomatematika Masjid Ki Muara Ogan diintegrasikan menjadi bahan ajar berupa LKPD berbasis etnomatematika, pada tahap ini jenis penelitian yang digunakan yaitu design research dengan jenis development studies. Setelah diintegrasikan ke dalam LKPD berbasis etnomatematika menunjukkan bahwa 81% peserta didik yang memiliki efek potensial dapat di kategori efektif.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Nyimas Aisyah
Date Deposited: 09 May 2024 00:15
Last Modified: 09 May 2024 00:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143226

Actions (login required)

View Item View Item