Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Konten Aljabar Kelas VIII

Lesiana, Freti and Susanti, Ely and Putri, Ratu Ilma Indra and Aisyah, Nyimas (2022) Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Konten Aljabar Kelas VIII. Jurnla Pendidikan Matematika dan Sains, 10 (2). ISSN http://u.lipi.go.id/1483003029

[thumbnail of Artikel ini diterbitkan di Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains yang dikelola oleh Universitas Negeri Yogyakarta] Text (Artikel ini diterbitkan di Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains yang dikelola oleh Universitas Negeri Yogyakarta)
40836-160785-1-PB Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Konten Aljabar Kelas VIII.pdf - Published Version

Download (567kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal penalaran tipe TIMSS konten aljabar yang valid dan praktis. Metode yang digunakan adalah design research tipe development studies yang melalui dua tahap yaitu preliminary dan formative evaluation yang terdiri dari self-evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walkthrough, wawancara, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. 1 SMP N 19 Palembang. Hasil dari penelitian ini menghasilkan (1) suatu produk soal penalaran matematika tipe TIMSS konten aljabar sejumlah 5 soal berbentuk soal uraian yang valid dan praktis. (2) soal matematika tipe TIMSS konten aljabar yang dikembangkan mempunyai efek potensial terhadap kemampuan penalaran siswa dimana skor rata-rata siswa mencapai 75,7 yang dikategorikan baik.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Nyimas Aisyah
Date Deposited: 09 May 2024 00:13
Last Modified: 09 May 2024 00:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143227

Actions (login required)

View Item View Item