Lintasan Belajar SPLDV Melalui Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs)

Sari, Teresia Ingga and Aisyah, Nyimas and Hiltrimartin, Cecil (2023) Lintasan Belajar SPLDV Melalui Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs). Inovasi Matematika (Inomatika), 4 (1). pp. 45-55. ISSN 2656-7245

[thumbnail of Artikel ini diterbitkan di Jurnal Inomatika (Inovasi Matematika)] Text (Artikel ini diterbitkan di Jurnal Inomatika (Inovasi Matematika))
304-Article Text-1254-1-10-20220210 Lintasan Belajar SPLDV Melalui Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs).pdf - Published Version

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan design researchyang bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan menggunakan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) di kelas VIII. Penelitian pada pilot experimentini dilakukan di SMP Xaverius 7 Palembang yang melibatkan 6 orang siswa kelas VIII. Ada tiga tahapan dalam penelitian, yaitu preliminary design, design experiments, dan retrospective analysis. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan yang kemudian dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lintasan belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan MEAs yang dikembangkan sudah sesuai dengan HLT yang telah dirancang.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Nyimas Aisyah
Date Deposited: 09 May 2024 00:12
Last Modified: 09 May 2024 00:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143228

Actions (login required)

View Item View Item