DESKRIPSI STRUKTUR ARGUMENTASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII PADA PEMBUKTIAN MATERI BANGUN RUANG

Alysia, Rani and Scristia, Scristia and Aisyah, Nyimas and Pratiwi, Weni Dwi and Araiku, Jeri (2023) DESKRIPSI STRUKTUR ARGUMENTASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII PADA PEMBUKTIAN MATERI BANGUN RUANG. Jurnal Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 11 (1). pp. 18-25. ISSN 2656 –5854

[thumbnail of Artikel ini dipublikasikan di Jurnal Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan] Text (Artikel ini dipublikasikan di Jurnal Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan)
705-Article Text-1842-1-10-20240104 DESKRIPSI STRUKTUR ARGUMENTASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII PADA PEMBUKTIAN MATERI BANGUN RUANG.pdf - Published Version

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berargumen peserta didik SMAkelas XII dalam pembuktian pada materi bangun ruang dimensi tiga dengan bantuan two-column proofs. Subjek penelitian ini peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Pemali yang berjumlah 29 peserta didik. Pertemuan pertama sampai ketiga peserta didik diajarkan cara membuktikan dengan menggunakan two-column proofs. Data diperoleh dari tes tertulis yang terdiri dari 2 soal uraian yang sesuai dengan soal pembuktian dalam bangun ruang dimensi tiga. Hasil penelitian diperoleh 15 peserta didik sudah dapat memunculkan minimal 3 komponen. Peserta didik tersebut telah dapat membuktikan dengan menggunakan bantuan two-column proofsdan menuliskan pernyataan dengan benar. Peserta didik tersebut terlebih dahulu mengidentifikasi fakta-fakta yang ada,lalu mengembangkan argumentasi berdasarkan fakta-fakta yang ada, lalu mengembangkan argumentasi berdasarkan fakta-fakta tersebut dengan menggunakan alasan yang valid, tetapi pada saat memberikan argumentasi untuk menunjukkan bukti,14 orang peserta didik mengalami kendala dalam hal memahami konseptual dan prinsip, sehingga gagal memberikan argumentasi yang valid.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Nyimas Aisyah
Date Deposited: 09 May 2024 00:22
Last Modified: 09 May 2024 00:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143234

Actions (login required)

View Item View Item