SITORUS, LIBERT SOVIAN and Abidin, Zainal (2007) ANALISA BATANG TORSI PADA ANTI ROLL BAR KENDARAAN ATV (ALL TERRAIN VEHICLES) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_21201_03003150038.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (40MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03003150038_0010095811_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_21201_03003150038_0010095811_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03003150038_0010095811_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03003150038_0010095811_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03003150038_0010095811_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (819kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03003150038_0010095811_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (230kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03003150038_0010095811_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada prosesnya kendaraan roda empat juga memerlukan Anti-rool bar untuk mengurangi body roli atau terbaliknya kendaraan dengan mengurangi kemiringan yang terjadi pada permukaan kendaraan pada saat melaju dengan kecepatan tertentu pada jalur yang memiliki sudut tertentu. Anti-roll bar ini terdiri dari torsi, lengan torsi, push rod, selongsong dan penjepit yang mempunyai peran masing-masing untuk mengurangi body roli. Pada penelitian ini penulis memperhatikan adanya puntiran atau perlawanan gaya pada torsi saat gaya diberikan melalui push rod. Oleh karena itu analisa Metode Elemen Hingga dengan bantuan prangkat lunak SolidWorks dan Visual Nastran dapat digunakan sebagai analisa untuk mendapatakan tegangan von Mises dan faktor keamanan pada alat tersebut. Hasil analisa Metode Elemen Hingga pada torsi Anti-Roll bar ini, faktor keamanan minimum pada batang torsi adalah sebesar 2,75 dengan harga kesalahan tegangan von Mises 1,91 %. Ini menunjukkan bahwa batang torsi akan mengalami yield bila diberikan torsi aksi sebesar 2,75 kali dari torsi awal. Ini juga menunjukkan bahwa gaya aksi yang diberikan melalui push rod harus lebih kecil dari 2,75 x 200 N (sebesar 550 N atau 56,065 kg).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anti-rool bar, batang torsi |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 16 May 2024 04:21 |
Last Modified: | 16 May 2024 04:21 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/144147 |
Actions (login required)
View Item |