Similarity Checking: Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Konten Aljabar Kelas VIII

Lesiana, Freti and Susanti, Ely and Putri, Ratu Ilma Indra and Aisyah, Nyimas (2022) Similarity Checking: Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Konten Aljabar Kelas VIII. Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Pengembangan_Soal_Penalaran_Tipe_TIMSS_Konten_Alja.pdf] Text
Pengembangan_Soal_Penalaran_Tipe_TIMSS_Konten_Alja.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal penalaran tipe TIMSS konten aljabar yang valid dan praktis. Metode yang digunakan adalah design research tipe development studies yang melalui dua tahap yaitu preliminary dan formative evaluation yang terdiri dari self-evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walkthrough, wawancara, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. 1 SMP N 19 Palembang. Hasil dari penelitian ini menghasilkan (1) suatu produk soal penalaran matematika tipe TIMSS konten aljabar sejumlah 5 soal berbentuk soal uraian yang valid dan praktis. (2) soal matematika tipe TIMSS konten aljabar yang dikembangkan mempunyai efek potensial terhadap kemampuan penalaran siswa dimana skor rata-rata siswa mencapai 75,7 yang dikategorikan baik.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Nyimas Aisyah
Date Deposited: 05 Jun 2024 13:52
Last Modified: 05 Jun 2024 13:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/145317

Actions (login required)

View Item View Item