PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI TEKS HIKAYAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MADANG SUKU I

AGNESTIA, DWI and Ernalida, Ernalida and Oktarina, Santi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI TEKS HIKAYAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MADANG SUKU I. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021181722005.pdf] Text
RAMA_88201_06021181722005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181722005_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_88201_06021181722005_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (824kB)
[thumbnail of RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_02.pdf] Text
RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_03.pdf] Text
RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_04.pdf] Text
RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_05.pdf] Text
RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06021181722005_0015026902_0001108001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom dalam menulis hikayat siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian true eksperimental design bagian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas yaitu kelas X 3 berjumlah 38 siswa yang dibagi menjadi 2 yaitu 19 siswa untuk kelas ekperimen menggunakan model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom dan 19 siswa untuk kelas kontrol. Tes yang diberikan adalah tes awal sebelum diberi perlakuan dan tes akhir setelah diberi perlakuan menggunakan model Blended Learning berbasis Google Classroom. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu keterampilan menulis. Sementara, pengolahan data yang digunakan ialah perhitungan uji- t menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 60,53 meningkat menjadi 82,63 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 22,1. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 62,63 meningkat menjadi 72,63 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 10. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa signifikansi (2 sisi) p = 0,000<0,05 (tingkat signifikan 95%). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis hikayat siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku 1. Dengan demikian, Ha berbunyi “ada perbedaaan terhadap kemampuan menulis hikayat antara peserta didik yang diajar menggunakan model Blended Learning berbasis Google Classroom dengan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional” diterima. Dapat disimpulkan bahwa model Blended Learning berbasis Google Classroom lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis hikayat siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, iModel PembelajaraniBlended Learning, imenulis teks hikayat
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Users 38715 not found.
Date Deposited: 27 May 2024 04:56
Last Modified: 27 May 2024 04:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/145575

Actions (login required)

View Item View Item