FERINA, SANDRA and Nashriana, Nashriana and Achmad, Ruben (2012) PERANAN BALAI PEMASYARAKATAN DALAM MELAKUKAN PEMBINAAN TERHADAP ANAK YANG MENDAPAT PEMBEBASAN BERSYARAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_02081001096.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (47MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02081001096_20093603006_9990482266_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) |
|
Text
RAMA_74201_02081001096_20093603006_9990482266_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02081001096_20093603006_9990482266_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02081001096_20093603006_9990482266_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02081001096_20093603006_9990482266_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02081001096_20093603006_9990482266_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Anak-anak yang memperoleh pembebasan bersyarat pembimbingannya dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan dari Balai Pemasyarakatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan Balai Pemasyarakatan dalam melakukan pembinaan terhadap anak yang mendapat pembebasan bersyarat dan hambatan-hambatan apa saja yang dijumpai dalam pelaksanaan pembinaan tersebut. Tipe penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tipe yuridis empiris yaitu penelitian dengan melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Tugas pokok dan fungsi Balai Pemasyarakatan diantaranya membuat penelitian kemasyarakatan dan melaksanakan pembimbingan, pembimbingan yang diberikan berupa pembimbingan kepribadian dan pembimbingan kemandirian. Ditinjau dari aspek yuridis, Pembimbing Kemasyarakatan adalah petugas pemasyarakatan pada Balai pemasyarakatan yang melakukan bimbingan warga binaan pemasyarakatan. Pada prinsipnya Balai Pemasyarakatan berperan untuk memberikan bimbingan agar nantinya anak tersebut dapat diterima kembali oleh masyarakat dengan baik. Penegakan hukum dalam masyarakat mempunyai kecenderungan-kecenderungannya sendiri yang merupakan kendala, baik berupa penyediaan sarana sosial yang memungkinkan penegakan hukum dijalankan, maupun memberikan hambatan-hambatan yang menyebabkan penegakan hukum tidak dapat dijalankan atau kurang dapat dijalankan dengan seksama. Pembinaan anak yang di lakukan Balai Pemasyarakatan melalui tahap-tahap pembinaan awal hingga tahap akhir. Diharapkan ketika anak yang mendapatkan pembimbingan dari Balai Pemasyarakatan setelah menjalani masa pembebasan bersyarat menjadi warga masyarakat yang baik, taat hukum dan tidak mengulangi melakukan tindak pidana serta melindungi masyarakat terhadap kemungkinan diulanginya tindak pidana oleh anak yang bersangkutan. Kata kunci: Balai Pemasyarakatan, Pembimbing Kemasyarakatan, Anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Balai Pemasyarakatan, Pembimbing Kemasyarakatan, Anak |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence K Law > K Law (General) > K7181-7197 Parent and child. Guardian and ward |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 28 May 2024 06:14 |
Last Modified: | 28 May 2024 06:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/145827 |
Actions (login required)
View Item |