ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN SHAR-E PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk. KANTOR CABANG PALEMBANG

Zunaidah, Zunaidah and Nazaruddin, A (2007) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN SHAR-E PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk. KANTOR CABANG PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, IV (1). ISSN 0216-6836

[thumbnail of ANALISIS_STRATEGI_PEMASARAN_TABUNGAN_SHAR-E_PADA_PT._BANK_MUAMALAT_INDONESIA.pdf]
Preview
Text
ANALISIS_STRATEGI_PEMASARAN_TABUNGAN_SHAR-E_PADA_PT._BANK_MUAMALAT_INDONESIA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia semakin pesat setelah disetujuinya UU No. 10 Tahun 1998 Pasal 1 mengenai perbankan, dalam UU ini diatur dengan rinci landasan hukum serta jenis jenis usaha yang dapat dioperasikan dan diimplementasikan oleh bank syariah. UU tersebut didukung oleh peraturan pelaksanaannya berupa Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 32/34/KEP/DIR/1999 tentang Bank Umum berdasarkan prinsip syariah dan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 32/36/KEP/DIR/1999 tentang Bank Perkreditan Rakyat Indonesia berdasarkan prinsip syariah yang masing-masing tertanggal 12 Mei 1999. Oleh karena itu, jumlah Bank Syariah semakin meningkat. Sejak kehadirannya pada tahun 2004 di Palembang, jumlah nasabah Shar-e mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni sebesar 373% dalam kurun waktu dua tahun. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah upaya-upaya apa saja yang selama ini telah dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Palembang untuk meningkatkan jumlah nasabah, dan variabel apa saja dalam bauran pemasaran yang dominan mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan tabungan Shar-e. Dengan menggunakan teknik analisis Multiple Regression Linier, diperoleh persamaan regresi dengan menggunakan metode Enter. Dari 8 (delapan) variabel independen (bebas), yaitu: produk, tempat dan waktu, proses, produktifitas dan kualitas, orang, promosi dan edukasi, bukti fisik dan harga dan biaya lainnya, ternyata hanya ada 1 variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan tabungan Shar-e Bank Muamalat, yakni variabel proses.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Perbankan Syariah, Tabungan Syariah.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 01-Faculty of Economics > 61201-Management (S1)
Depositing User: Muchtar Indana
Date Deposited: 08 Nov 2019 09:44
Last Modified: 08 Nov 2019 09:44
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

View Item View Item