ZULFIKAR, ZULFIKAR and Aliana, Zainul Arifin and Suhendi, Didi (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PALEMBANG MELALUI TEKNIK PEMODELAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06097302002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (49MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06097302002_0001105703_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_88201_06097302002_0001105703_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06097302002_0001105703_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06097302002_0001105703_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06097302002_0001105703_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (496kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06097302002_0001105703_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (479kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06097302002_0001105703_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya daya apresiasi siswa SMP Negeri 6 Palembang terhadap karya-karya puisi. Kesulitan mereka dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa pembelajaran puisi bahasanya sulit dipahami. Materi puisi merupakan salah satu materi esensial dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan bahasa Indonesia SMP. Sangat disayangkan apabila materi penting ini tidak dipelajari secara sungguh-sungguh. Di samping itu, masih banyaknya siswa yang beranggapan bahwa pembelajaran puisi masih sulit dipahami. Dari sinilah guru dituntut untuk mengubah pandangan siswa bahwa puisi itu dekat dengan kita, bermanfaat dan menyenangkan, dan tidak sulit untuk dipelajari. Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palembang Melalui Teknik Pemodelan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik Pemodelan terhadap kemampuan siswa menulis puisi dan untuk mengetahui adakah perubahan perilaku siswa dalam mengapresiasi puisi.Data yang diperoleh merupakan data dari penelitian tindakan kelas yang diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari jurnal dan lembar observasi serta wawancara,sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes menulis puisi .Tes terdiri atas dua siklus. Dari pengolahan data diketahui terdapat peningkatan nilai apresiasi siswa terhadap puisi.Demikian pula dari analisis jumal wawancara, dan observasi diketahui bahwa siswa mengalami perubahan cara pandang terhadap puisi . Dapat disimpulkan bahwa teknikpemodelan dapat meningkatkan apresiasipuisi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Palembang. Kata kunci: Apresiasi siswa, pembelajaran menulis puisi, teknik pemodelan, tindakan kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apresiasi siswa, pembelajaran menulis puisi, teknik pemodelan, tindakan kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:15 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:15 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/146290 |
Actions (login required)
View Item |