KHOIRUNNISA, KHOIRUNNISA and Supriyadi, Supriyadi and Alwi, Zahra (2011) KEEFEKTIFAN MODEL FIELD TRIP DALAM MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 OKU. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_56071002013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (62MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002013_0006125201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) |
|
Text
RAMA_88201_56071002013_0006125201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002013_0006125201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002013_0006125201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002013_0006125201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (968kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002013_0006125201_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (940kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002013_0006125201_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknik pembelajaran Field Trip lebih efektif dibandingkan dengan teknik pembelajaran konfensional yang dilaksanakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 OKU. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Populasi sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 345 siswa yang menggunakan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Field Trip berjumblah 37 siswa dan kelas VIII.9 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional berjumblah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis teks berita, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan program SPSS 15.0. taraf signifikan 95% (a= 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes awal (pretes) menulis teks berita kelompok eksperimen sebesar 53,00 dan kelompok kontrol sebesar 55,00 nilai rata-rata tes akhir (postes) menulis teks berita siswa kelompok eksperimen sebesar 50,1081 dan kelompok kontrol sebesar 45,5000. Hal ini menunjukan bahwa metode field trip lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam pembelajaran menulis teks berita. Dengan demikian Ha yang berbunyi ”Ada perbedaan kemampuan menulis teks berita siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Field Trip dengan menggunakan model konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 2 OKU”. Kata kunci: Keefektifan, Model Field Trip, menulis teks berita, SPSS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Model Field Trip, menulis teks berita, SPSS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:32 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:32 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/146304 |
Actions (login required)
View Item |