KREATIVITAS USAHA HIASAN PENGANTIN (Studi Kasus Di Desa Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir)(SIMILARITY)

Husin, Azizah (2024) KREATIVITAS USAHA HIASAN PENGANTIN (Studi Kasus Di Desa Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir)(SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Cek_KREATIVITAS USAHA HIASAN PENGANTIN (Studi Kasus Di Desa Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir).pdf] Text
Cek_KREATIVITAS USAHA HIASAN PENGANTIN (Studi Kasus Di Desa Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas usaha hiasan pengantin di Desa Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini ada 5 orang pengrajin hiasan pengantin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas dapat dilihat melalui 4P yaitu pribadi: mampu menciptakan ide baru pada hiasan pengantin atas imajiasi sendiri dan berbeda dengan orang lain. Pendorong: memotivasi diri sendiri dengan terus belajar, dorongan dari keluarga dan lingkungan sangatlah berpengaruh terhadap kreativitas para pengrajin hiasan pengantin. Proses: mengikuti kegiatan seperti seminar mengenai hiasan pengantin melalui kegiatan tersebut pengrajin mendapatkan modal, sarana dan prasarana untuk menunjang proses menuju kreatif. Produk: kreativitas tersebut dibuktikan pada produk yang sudah modern dan kekinian, memanfaatkan sosial media untuk promosi ataupun untuk mencari referensi ide baru lainnya sehingga dapat terus meningkatkan kreativitas dalam usahanya. Kata Kunci: Kreativitas, Usaha, Hiasan Pengantin.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86205-Non-Formal Education (S1)
Depositing User: Dr Azizah Husin
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:36
Last Modified: 10 Jun 2024 01:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/146433

Actions (login required)

View Item View Item