PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS TENTANG KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT KEBAKARAN HUTAN DI DESA MERANJAT, OGAN ILIR (SIMILARITY)

Husin, Azizah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS TENTANG KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT KEBAKARAN HUTAN DI DESA MERANJAT, OGAN ILIR (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Cek_PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS TENTANG KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT KEBAKARAN HUTAN DI DESA MERANJAT, OGAN ILIR (1).pdf] Text
Cek_PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS TENTANG KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT KEBAKARAN HUTAN DI DESA MERANJAT, OGAN ILIR (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media infografis sebagai media pembelajaran di Desa Meranjat, Ogan Ilir. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data dikumpulkan melalui tahapan analisis awal yaitu dengan penyebaran angket. Kevalidan media dinilai oleh tiga orang ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Analisis yang digunakan yaitu Skala Likert dan Skala Guttman. Implementasi dilakukan dengan dua tahapan yaitu uji coba one to one pada tiga responden dan uji coba small group yaitu pada tujuh responden yang bertujuan untuk menguji kepraktisan media infografis tentang kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan ini. Evaluasi dilakukan dengan post test kepada lima belas responden. Hasil dari penelitian tingkat kevalidan dari ahli materi 90,63%, ahli media 96,43% dan ahli bahasa sebesar 97,22%. Sehingga media valid digunakan sebagai media pembelajaran.Tingkat kepraktisan diperoleh dari hasil implementasi one to one 93,52%, uji coba small grup 97,22% dan tahap evaluasi 96,33% sehingga media dikategorikan sangat praktis sebagai media pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa media infografis tentang kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan valid dan praktis sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Lingkungan, Kebakaran, Media Infografis.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86205-Non-Formal Education (S1)
Depositing User: Dr Azizah Husin
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:36
Last Modified: 10 Jun 2024 01:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/146435

Actions (login required)

View Item View Item