PERBANDINGAN RESEPSI SASTRA SISWA KELAS IX NONAKSELERASI DAN AKSELERASI SMP NEGERI 8 PALEMBANG TERHADAP CERPEN “POHON KERSEN” KARYA IIS WIATI

JUNIARTI, REVIE and Ratnawati, Latifah and Masri, M. Ali (2011) PERBANDINGAN RESEPSI SASTRA SISWA KELAS IX NONAKSELERASI DAN AKSELERASI SMP NEGERI 8 PALEMBANG TERHADAP CERPEN “POHON KERSEN” KARYA IIS WIATI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06071002004.pdf] Text
RAMA_88201_06071002004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (57MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002004_9990160834_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06071002004_9990160834_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB)
[thumbnail of RAMA_88201_06071002004_9990160834_02.pdf] Text
RAMA_88201_06071002004_9990160834_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002004_9990160834_03.pdf] Text
RAMA_88201_06071002004_9990160834_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002004_9990160834_04.pdf] Text
RAMA_88201_06071002004_9990160834_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002004_9990160834_05.pdf] Text
RAMA_88201_06071002004_9990160834_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002004_9990160834_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06071002004_9990160834_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (817kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002004_9990160834_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06071002004_9990160834_07_lamp.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan resepsi kelas IX nonakselerasi dan akselerasi SMP Negeri 8 Palembang terhadap cerpen “Pohon Kersen” -dilihat dari horison luas dan horison sempit terhadap unsur pembangun karya sastral Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya tingkat persentase horison luas siswa kelas akselerasi lebih tinggi dari siswa kelas nonakselerasi. Perbandingannya yaitu 74% dan 51% sedangkan perbandingan horison sempit antara kelas akselerasi dan nonakselerasi yaitu 18% dan 38%. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang resepsi atau tanggapan pembaca terhadap cerpen “Pohon Kersen”. Selain itu, dengan resepsi sastra, siswa dapat mengambil amanat dan watak yang baik dalam cerita untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti menyarankan agar peneliti resepsi sastra selanjutnya mencari objek penelitian dan masalah yang berbeda sehingga dapat diperoleh gambaran mengenai tanggapan pembaca terhadap karya sastra berupa cerita rakyat, cerpen, novel, drama, dan puisi. sastra siswa Kata-kata kunci: Resepsi sastra, horison luas, dan horison sempit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Resepsi sastra, horison luas, dan horison sempit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:56
Last Modified: 14 Jun 2024 02:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/146902

Actions (login required)

View Item View Item