MARTUTI, RIRIN and Nurhayati, Nurhayati and Heryana, Nandang (2011) KEEFEKTIFAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 LAHAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06071002019.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (66MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06071002019_0004105903_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) |
|
Text
RAMA_88201_06071002019_0004105903_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06071002019_0004105903_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06071002019_0004105903_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06071002019_0004105903_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06071002019_0004105903_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (951kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06071002019_0004105903_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (37MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi guided note taking terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IV SD Negeri 12 Lahat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, sampel penelitian ini diambil dengan teknikpurposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa dengan rincian 32 orang siswa untuk kelompok eksperimen yang menggunakan strategi guided note taking dan 32 orang siswa untuk kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah tes menyimak dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan meggunakan program olah data statistik SPSS 18. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara kemampuan menyimak siswa yang menggunakan strategi guided note taking dengan kemampuan menyimak siswa yang menggunakan metode konvensional. Skor rata-rata siswa yang menggunakan strategi guided note taking lebih besar daripada skor rata-rata siswa yang menggunakan metode konvensional. Skor rata-rata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol dari perhitungan uji t menunjukan hitung tabel atau 9,739 >1,999 pada tingkat kepercayaan 95%. Hal ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran guided note taking lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menyimak siswa kelas IV SD Negeri 12 Lahat daripada metode konvensional. Kata kunci: Strategi guided note taking, motode konvensional, kemampuan menyimak, SPSS 18.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guided note taking, motode konvensional, kemampuan menyimak, SPSS 18. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:34 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:34 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/147007 |
Actions (login required)
View Item |