DANI, EDWIN NURFALAH and Deskoni, Deskoni and Barlian, Ikbal (2016) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 PADA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87203_06121003029_ 0001017402 _01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (523kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06121003029_ 0001017402 _02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003029_ 0001017402 _03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (58kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003029_ 0001017402 _04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003029_ 0001017402 _05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003029_ 0001017402 _06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003029_ 0001017402 _07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan yang teruji validitasnya, teruji praktikalitasnya dan mengetahui efek potensial media animasi pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan lima tahapan utama yakni: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga kelas VII.3 berjumlah dua puluh delapan siswa yang dipilih. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, lembar validasi dan angket. Hasil lembar validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini telah teruji validitasnya termasuk kategori valid. Media pembelajaran ini telah teruji praktikalitasnya berdasarkan hasil angket tahap field test termasuk kategori sangat praktis. Media pembelajaran ini memiliki efek potensial yang baik bagi siswa berdasarkan hasil observasi yang dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung menggunakan media pembelajaran tersebut termasuk kategori baik. Maka dapat disimpulkan pengembangan media bembelajaran ini teruji validitasnya, praktikalitasnya dan memiliki efek potensial. Namun dari hasil dalam pelaksanaan masih mengalami kendala yaitu terbatasnya fasilitas yang ada dan diperluhkan bimbingan terhadap siswa saat pembelajaran berlangsung dengan media tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Macromedia Flash Professional 8 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) L Education > LC Special aspects of education > LC65-67.68 Economic aspects of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2589 not found. |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 04:52 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 04:52 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/14709 |
Actions (login required)
View Item |