PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN DAN PASIEN UMUM TERHADAP MUTU PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN DAN PASIEN UMUM TERHADAP MUTU PELAYANAN DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT (SYSTEMATIC REVIEW)

IRENE, IRENE and Safriantini, Dian (2024) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN DAN PASIEN UMUM TERHADAP MUTU PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN DAN PASIEN UMUM TERHADAP MUTU PELAYANAN DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT (SYSTEMATIC REVIEW). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_13201_10011382025174.pdf] Text
RAMA_13201_10011382025174.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_13201_10011382025174_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_13201_10011382025174_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[thumbnail of RAMA_13201_10011382025174_0010108807_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_13201_10011382025174_0010108807_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_13201_10011382025174_0010108807_02.pdf] Text
RAMA_13201_10011382025174_0010108807_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (326kB)
[thumbnail of RAMA_13201_10011382025174_0010108807_03.pdf] Text
RAMA_13201_10011382025174_0010108807_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (234kB)
[thumbnail of RAMA_13201_10011382025174_0010108807_04.pdf] Text
RAMA_13201_10011382025174_0010108807_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (451kB)
[thumbnail of RAMA_13201_10011382025174_0010108807_05.pdf] Text
RAMA_13201_10011382025174_0010108807_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (242kB)
[thumbnail of RAMA_13201_10011382025174_0010108807_06_ref.pdf] Text
RAMA_13201_10011382025174_0010108807_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (181kB)
[thumbnail of RAMA_13201_10011382025174_0010108807_07_lamp.pdf] Text
RAMA_13201_10011382025174_0010108807_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (769kB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan indikator pertama dari standar suatu rumah sakit dan suatu ukuran mutu pelayanan. Namun nyatanya pasien JKN mempunyai kepuasan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pasien umum. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas seberapa besar Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien JKN dan Pasien Umum Terhadap Mutu Pelayanan di Unit Rawat Inap Rumah Sakit (Systematic review). Artikel yang dipakai bersumber dari database Google Scholar, Sage Journal & Pubmed dengan kata kunci Kepuasan pasien dan mutu layanan kesehatan ; patient satisfaction and quality of health services. Tahapan penelitian dilakukan berdasarkan Prisma Flow Diagram serta penilaian dengan menggunakan pedoman JBI. Terdapat 10 literatur yang ditelaah secara sistematis dan data disusun dalam bentuk tabel ekstraksi, lalu hasil disajikan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kepuasan pasien JKN dengan persentasi dimensi Tangible (68,11%), Reliability (69,78%), Responsiveness (69,91%), Assurance (78%), Empathy (64%). Kesimpulannya berdasarkan hasil perhitungan 10 artikel yang di dapati jika harus dibandingkan dengan SPM rumah sakit yang dimana kepuasan harus berada diatas 90% menurut KEMENKES. Maka perlu dilakukan evaluasi lebih dalam tingkat kepuasan setiap saat untuk perkembangan dan kemajuan pelayanan di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, 5 Dimensi kualitas pelayanan, Pasien JKN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13201-Public Health (S1)
Depositing User: Irene Irene
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:54
Last Modified: 25 Jun 2024 07:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/147962

Actions (login required)

View Item View Item