PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH PADA MATERI PERBANDINGAN DI SMP

MERIZA, DYNA and Hiltrimartin, Cecil and Hartono, Yusuf (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH PADA MATERI PERBANDINGAN DI SMP. Masters thesis, Sriwijaya Univesity.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682226005.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_0602268226005_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_0602268226005_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (774kB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of RRAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_04.pdf] Text
RRAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (72kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226005_0011036403_0010116401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai titik awal dalam penggunaan modul pembelajaran berdiferensiasi pada materi perbandingan berbasis masalah agar kemampuan pemecahan masalah matematis siswa baik. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian design research tipe development studies dengan tujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah pada materi perbandingan yang valid dan praktis, serta untuk mengetahui efek potensial penggunaan modul pembelajaran berdiferensiasi materi perbandingan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya pembelajaran yang belum mengintegrasikan kebutuhan siswa, kesulitan siswa dalam memahami materi perbandingan, serta kurangnya penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 17 Palembang sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data adalah deskriptif. Hasil dari penelitian ini berupa modul pembelajaran berdiferensiasi materi perbandingan berbasis masalah yang dikembangkan telah valid dengan rata-rata persentase sebesar 82,9% dan praktis dengan rata-rata persentase sebesar 83,3%. Selain tu, modul ajar yang dikembangkan juga memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan rata-rata 62,44 yang terkategori baik. Indikator yang paling sering muncul melaksanakan rencana dan indikator yang paling sedikit muncul memeriksa kembali. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dilatih dengan penggunaan modul pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah materi perbandingan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi, modul ajar, pemecahan masalah, perbandingan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Dyna Meriza
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:14
Last Modified: 26 Jun 2024 08:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/148140

Actions (login required)

View Item View Item