DESAIN PEMBELAJARAN BANGUN DATAR BERBASIS STEM KONTEKS TERJUN PAYUNG UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN FLEXIBILITY PESERTA DIDIK

AMBARWATI, BELINDA and Aisyah, Nyimas and Hapizah, Hapizah (2024) DESAIN PEMBELAJARAN BANGUN DATAR BERBASIS STEM KONTEKS TERJUN PAYUNG UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN FLEXIBILITY PESERTA DIDIK. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682226019.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226019_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226019_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (938kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (992kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226019_0010116402_0030057902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan peserta didik pada materi bangun datar berpengaruh kepada kemampuannya dalam memahami konsep-konsep dan mengaplikasikannya dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Selain itu, peserta didik dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan beragam cara atau melihat dari sudut pandang yang berbeda. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa penggunaan STEM berperan dalam meningkatkan berpikir fleksibel untuk melihat sebuah masalah dari berbagai sudut pandang. Sehingga diperlukan upaya untuk merancang pembelajaran bangun datar yang mampu mendorong kemampuan flexibility peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar luas segiempat pada pembelajaran berbasis STEM konteks terjun payung yang dapat mendukung kemampuan flexibility peserta didik. Metode penelitian yang dipilih adalah desain research tipe validation study yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu preparation for experiment, design experiment, dan retrospective analysis yang dilakukan dalam dua siklus utama. Subjek penelitian ini melibatkan peserta didik kelas 7 SMP yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis, wawancara, dan studi dokumen. Selanjutnya, data-data tersebut dianalisis secara kualitatif dan dideskripsikan dalam bentuk narasi teks. Hasil penelitian ini adalah sebuah lintasan belajar yang terdiri dari tiga aktivitas, yaitu 1) membuat tiga desain kanopi berbentuk persegi dengan ukuran yang berbeda-beda dan panjang tali suspensi yang sama, 2) membuat tiga desain kanopi berbentuk persegi dengan ukuran yang sama dan panjang tali suspensi yang berbeda, dan 3) membuat tiga desain kanopi berbentuk bangun datar yang berbeda-beda dengan luas kanopi dan panjang tali suspensi yang sama. Lintasan belajar yang dikembangkan mampu memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan flexibility dimana dalam proses pembelajaran peserta didik didorong untuk menyadari adanya pilihan strategi alternatif atau solusi bervariasi, memanfaatkan berbagai pengetahuan yang dimiliki, menentukan cara atau strategi yang paling efektif dan efisien, serta meyakini kebenaran jawaban yang digunakan dalam menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain Research, STEM, Terjun Payung, Kemampuan Flexibility, Bangun Datar, Lintasan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Belinda Ambarwati
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:54
Last Modified: 27 Jun 2024 06:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/148275

Actions (login required)

View Item View Item