PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERBASIS MULTI REPRESENTASI BAGI SISWA SMA YANG VALID DAN PRAKTIS

RAMADHANTY, MUTIA FARADINI and Akhsan, Hamdi and Marlina, Leni (2021) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERBASIS MULTI REPRESENTASI BAGI SISWA SMA YANG VALID DAN PRAKTIS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 "Redesain Pembelajaran IPA yang Adaptif di Masa Pandemi Covid-19", 1 (1). pp. 43-51. ISSN xxxxxx

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERBASIS  MULTI REPRESENTASI BAGI SISWA SMA YANG VALID DAN  PRAKTIS.pdf] Text
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERBASIS MULTI REPRESENTASI BAGI SISWA SMA YANG VALID DAN PRAKTIS.pdf - Published Version

Download (732kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research & development (R&D) dengan menggunakan model Rowntree yang bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik berbasis multi representasi pada materi gerak lurus untuk siswa SMA yang valid dan praktis. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap keempat yaitu small group evaluation. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa e-modul (modul elektronik) berbasis multi representasi yang telah dikembangkan memperoleh kriteria valid dengan persentase pada aspek isi sebesar 88%, aspek kebahasaan 100%, dan aspek desain 95%. Uji kepraktisan produk dilihat dari skor rata-rata angket pada tahap one-toone evaluation dan small group evaluation. Pada tahap one-to-one evaluation memperoleh rata-rata skor penilaian 85% dengan kategori praktis, dan pada tahap small group evaluation memperoleh rata-rata skor 88% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, produk e-modul (modul elektronik) berbasis multi representasi pada materi Gerak Lurus untuk siswa SMA Kelas X yang telah dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hamdi Akhsan
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:34
Last Modified: 03 Jul 2024 06:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/148972

Actions (login required)

View Item View Item