Pemahaman Konsep Awal Mahasiswa Pendidikan Fisika Terhadap Materi Benda-Benda Langit dalam Perkuliahan Astrofisika

Ariska, Melly and Akhsan, Hamdi and Muslim, Muhammad and AZIZAH, SITI NUR (2021) Pemahaman Konsep Awal Mahasiswa Pendidikan Fisika Terhadap Materi Benda-Benda Langit dalam Perkuliahan Astrofisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5 (3). pp. 405-413. ISSN 2549-9955 (p-ISSN) 2549-9963 (e-ISSN)

[thumbnail of PEMAHAMAN KONSEP AWAL MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP MATERI BENDA-BENDA LANGIT DALAM PERKULIAHAN ASTROFISIKA.pdf] Text
PEMAHAMAN KONSEP AWAL MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP MATERI BENDA-BENDA LANGIT DALAM PERKULIAHAN ASTROFISIKA.pdf - Published Version

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep awal pra-perkuliahan mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Sriwijaya yang akan mengikuti perkuliahan astrofisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu mengidentifikasi pemahaman konsep awal materi benda-benda langit pada mata kuliah astrofisika. Topik benda benda langit merupakan salah satu topik yang dibahas dalam perkuliahan astrofisika yang merupakan perkuliahan pilihan wajib pada program studi pendidikan fisika. Penelitian ini menggunakan tes diagnostik dua tingkat yang terdiri dari opsi pertanyaan dan opsi alasan. Sampel penelitian yaitu 22 (dua puluh dua) mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan astrofisika. Penelitian ini menghasilkan bahwa pemahaman konsep awal tentang benda-benda langit yang dimiliki oleh mahasiswa sebelum perkuliahan diberikan cenderung heterogen. Pemahaman yang tepat tentang materi benda-benda langit masih beragam dengan pemahaman yang tidak tepat maupun hanya bersifat tebakan. Tergambar bahwa lebih banyak mahasiswa dengan pemahaman yang tidak komprehensif dibandingkan dengan yang pemahaman konsep yang tepat. Hasil penelitian yang berupa gambaran pemahaman konsep awal mahasiswa ini bisa diimplikasikan oleh pengampuh mata kuliah astrofisika untuk menentukan teknik pembelajaran inovatif yang akan digunakan selama pembelajaran agar mahasiswa bisa memperbaiki pemahaman konsep awal yang belum tepat.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hamdi Akhsan
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:34
Last Modified: 03 Jul 2024 06:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/148986

Actions (login required)

View Item View Item