ANALISIS MISKONSEPSI SUHU DAN KALOR PADA SISWA SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA

FEBRIANTI, JUWITA and Akhsan, Hamdi and Muslim, Muhammad (2019) ANALISIS MISKONSEPSI SUHU DAN KALOR PADA SISWA SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6 (1). pp. 90-102. ISSN 2355-7109 (p-ISSN) 2657-0971 (e-ISSN)

[thumbnail of Analisis miskonsepsi suhu dan kalor pada siswa sma negeri 3 tanjung raja.pdf] Text
Analisis miskonsepsi suhu dan kalor pada siswa sma negeri 3 tanjung raja.pdf - Published Version

Download (576kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menganalisis miskonsepsi suhu dan kalor pada siswa SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Penelitian ini dilakukan pada 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen Thermal and Transport Concept Inventory (TTCI) berbasis representasi grafik berupa soal pilihan ganda dengan alasan terbuka sebanyak 15 butir soal. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi dengan skala 0-5. Hasil penelitian didapatkan 1) rata-rata pemahaman konsep siswa SMANegeri3 Tanjung Raja dengan kategori paham konsep adalah sebesar 5,92%, paham konsep tetapi tidak yakin sebesar 0,89%, siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 57,85%, dan siswa yang tidak paham konsep sebesar 35,34%, 2) siswa mengalami miskonsepsi pada seluruh konsep yang diujikan yaitu 53,13% pada konsep pemuaian zat, 47,92%pada konsep perubahan pertambahan panjang terhadap perubahan suhu, 60,94% pada konsep sifat anomali air, 53,13%pada konsep perubahan fase, 50,00%pada konsep laju masukan panas terhadap perubahan suhu, 71,88% pada konsep suhu yang dibagi sama rata dan 67,97% pada konsep hubungankapasitas kalor dengan perubahan suhu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang miskonsepsi suhu dan kalor yang terjadi pada siswa SMA Negeri 3 Tanjung Raja.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hamdi Akhsan
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:35
Last Modified: 03 Jul 2024 06:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/149040

Actions (login required)

View Item View Item