PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM SPEKTROSKOPI PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN

Yuanita, Dessiana Irma and Akhsan, Hamdi and Wiyono, Ketang (2015) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM SPEKTROSKOPI PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2 (1). pp. 77-87. ISSN 2355-7109 (p-ISSN) 2657-0971 (e-ISSN)

[thumbnail of Pengembangan panduan praktikum spektroskopi pada mata kuliah fisika modern.pdf] Text
Pengembangan panduan praktikum spektroskopi pada mata kuliah fisika modern.pdf - Published Version

Download (523kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan praktikum spektroskopi pada mata kuliah fisika modern yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D (four-D model) yang dimodifikasi menjadi tahap 3D. Model pengembangan 4D yang digunakan meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop) yang dikombinasikan dengan tahap evaluasi formatif Tessmer yang meliputi tahap self evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group evaluation. Panduan praktikum yang dikembangkan disusun berdasarkan kriteria panduan praktikum yang terdiri atas judul percobaan, tujuan percobaan, dasar teori, alat dan bahan, prosedur percobaan, data pengamatan, analisis data dan kesimpulan. Panduan praktikum spektroskopi dengan modifikasi alat sederhana yang berhasil dikembangkan terbagi menjadi empat percobaan yaitu menentukan konstanta Rydberg dari atom Hidrogen, menentukan energi transisi atom Helium, menentukan panjang gelombang spektrum optik dan penentuan frekuensi sinar laser. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, validasi ahli, observasi dan angket tanggapan siswa. Hasil uji validasi dari tiga aspek penilaian validator memperoleh rata-rata sebesar 4,53 dengan kategori sangat valid dan hasil angket tanggapan mahasiswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 89,28% dengan kategori sangat praktis. Adapun kelemahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya pengetahuan awal mahasiswa dalam menggunakan software Matlab dan keterbatasan alat sehingga pada tahap uji coba responden menggunakan alat praktikum secara bergantian pada setiap percobaan. Panduan praktikum yang telah dikembangkan dapat digunakan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum khususnya pada materi teori-teori atom mata kuliah fisika modern.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hamdi Akhsan
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:36
Last Modified: 03 Jul 2024 06:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/149058

Actions (login required)

View Item View Item