ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI POLI UMUM UPT KLINIK KESEHATAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA INDRALAYA TAHUN 2023

AMBARI, AMBARI and Misnaniarti, Misnaniarti and Sunarsih, Elvi (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI POLI UMUM UPT KLINIK KESEHATAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA INDRALAYA TAHUN 2023. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_13101_10012682226056.pdf] Text
RAMA_13101_10012682226056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682226056_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_13101_10012682226056_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_02.pdf] Text
RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_03.pdf] Text
RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_04.pdf] Text
RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (861kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_05.pdf] Text
RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_06_ref.pdf] Text
RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_07_lamp.pdf] Text
RAMA_13101_10012682226056_0009067602_0028067806_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (920kB) | Request a copy

Abstract

Faktor utama ketidak percayaan masyarakat dan tidak memilih suatu pelayanan kesehatan adalah kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan tidak memuaskan. UPT klinik Unsri telah melakukan peningkatan kualitas baik dari segi fisik maupun pelayananya namun tidak diiringi dengan peningkatan femanfatan. Oleh karena itu, penelitian ini untuk mengetahui persepsi dan harapan pasien terhadap pelayanan yang mereka terima serta mengetahui ada tidaknya beda rata-rata antara persepsi dan harapan tersebut untuk menentukan kualitas pelayanan di poli umum UPT klinik Unsri. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Data yang dikumpulkan diolah dengan mengunakan program SPSS dan dilakukan analisis univariat dan bivariat. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien poli umum UPT klinik kesehatan Universitas Sriwijaya tahun 2022. Cara pengumpulan analisis bivariat didapatkan hasil variabel yang berhubungan dengan kepuasan pasien adalah Tangible (P-Value 0,000 <0,05), Reliability (P-Value 0,000 <0,05), Responsiviness (P-Value 0,009 <0,05), Assurance (P-Value 0,001 <0,05) dan Empathy (P-Value 0,017 <0,05). Hasil analisis Multivariat didapatkan hasil Variabel yang paling dominan untuk mempengaruhi Tingkat kepuasan pasien ialah variabel Tangible sedangkan variabel Reliability dan Empaty adalah variabel confounding. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel yang diteliti berhubungan dengan kepuasan pasien, dan yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pasien adalah variabel Tangible, Responsiveness dan Assurance. Saran Kepada UPT klinik unsri Agar mempertahankan dan meningkatkan Kembali terkait bukti fisik, tenaga Kesehatan yang cepat tanggap, dan jaminan/ keyakinan yang dapat memberikan kepercayaan dan rasa aman bagi pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13101-Public Health Science (S2)
Depositing User: Ambari Ambari
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:18
Last Modified: 22 Jul 2024 07:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/149596

Actions (login required)

View Item View Item