Hasil Turnitin Artikel Analisis Buku Teks Pendahuluan Fisika Kuantum Materi Momentum Sudut Berdasarkan Kategori Literasi Sains

ZAKIYAH, SRI and Akhsan, Hamdi and Wiyono, Ketang (2018) Hasil Turnitin Artikel Analisis Buku Teks Pendahuluan Fisika Kuantum Materi Momentum Sudut Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Turnitin Analisis Buku Teks Pendahuluan Fisika Kuantum Materi Momentum Sudut Berdasarkan Kategori Literasi Sains.pdf.pdf] Text
Turnitin Analisis Buku Teks Pendahuluan Fisika Kuantum Materi Momentum Sudut Berdasarkan Kategori Literasi Sains.pdf.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan analisis bahan ajar Pendahuluan Fisika Kuantum pada materi momentum sudut dengan pendekatan literasi sains. Literasi sains merupakan salah satu dari komponen STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah bahan ajar Pendahuluan Fisika Kuantum pada pokok bahasan momentum sudut yang digunakan pada program pendidikan fisika di Universitas Sriwijaya telah disajikan menggunakan kategori-kategori literasi sains. Analisis ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai ruang lingkup kategori literasi sains pada bahan ajar Pendahuluan Fisika Kuantum. Adapun objek analisis ini adalah bahan ajar Pendahluan Fisika Kuantum tulisan David J. Griffiths berjudul Introduction to Quantum Mechanics dan buku pendukung yakni Excercies in Quantum Mechanics tulisan Harry Mavromatis. Hasilnya menunjukkan bahwa kedua buku belum sepenuhnya memuat kategori-kategori literasi sains dengan rata-rata kemunculan kategori untuk kedua buku sebesar 57,94% untuk sains sebagai pengetahuan, 17,1% untuk sains sebagai cara menyelediki, 24,35% untuk sains sebagai cara berpikir, dan 0% untuk interaksi sains, teknologi, dan masyarakat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komponen pada buku yang disajikan belum terdapat keseimbangan jika ditinjau dari kategori literasi sains, yakni terdapat hasil yang kontras antara sajian dalam sains sebagai pengetahuan dibandingkan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pemilihan bahan ajar atau pemilihan buku pendukung lainnya yang didalamnya disajikan aplikasi dari sains sebagai teknologi dan kegunaannya bagi masyarakat.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hamdi Akhsan
Date Deposited: 15 Jul 2024 10:24
Last Modified: 15 Jul 2024 10:24
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/150289

Actions (login required)

View Item View Item