Andriani, Nely and Saparini, Saparini and Akhsan, Hamdi (2018) Hasil Turnitin Artikel Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA. Turnitin Universitas Sriwijaya.
Text
Turnitin Kemampuan literasi sains fisika siswa SMP kelas VII di Sumatera Selatan menggunakan kerangka PISA (Program for International Student Assesment).pdf.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains fisika siswa SMP Kelas VII di Sumatera Selatan menggunakan kerangka PISA. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan gambaran kemampuan literasi sains dalam IPA (fisika) siswa tanpa memberikan perlakuan kepada siswa. Teknik pengumpulan data berbentuk tes tertulis. Penilaian disesuaikan dengan kriteria penilaian PISA. Variabel penelitian ini adalah pencapaian kemampuan literasi sains siswa pada konten fisik. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling meliputi SMP N 1 kota Palembang, SMP N 1 kota Prabumulih, dan SMP N 1 kabupaten Ogan Ilir pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Hasil Penelitian diperoleh persentase pencapaian siswa yang paling tinggi pada level 2 sebesar 54,9 dan terendah pada level 5 yaitu hanya sebesar 28,1 dari skala maksimum 100. Secara keseluruhan rerata persentase hasil kemampuan literasi sains siswa SMP di Sumatera Selatan berdasarkan Kompetensi Proses Sains, yaitu 47,1. Hasil penelitian menunjukan kemampuan literasi sains siswa SMP di Sumatera Selatan secara keseluruhan ditinjau dari level soal dan kompetensi proses sains diperoleh hasil masih sangat rendah.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Hamdi Akhsan |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 10:29 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 10:29 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/150294 |
Actions (login required)
View Item |