KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALEMBANG

FATIMAH, LIZA and Hartono, Yusuf and Susanti, Ely (2018) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_02.pdf] Text
RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_03.pdf] Text
RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_04.pdf] Text
RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_05.pdf] Text
RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_ 06111408017_0010116401_0029098002_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untukmendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E di SMP Negeri 6 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palembang yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis berupa 6 soal berbentuk uraian, dimana soal tes tersebut diberikan setelah proses pembelajaran dan mengacu pada 5 indikator pemahaman konsep. Berdasarkan hasil tes siswa, diketahui bahwa persentase kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan learning cycle 7E pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 6 Palembang dikategorikan sangat baik dan baik dengan persentase sebesar 77,78% dengan rincian sebesar 37,04% untuk kategori sangat baik dan sebesar 40,74% untuk kategori baik. Terdapat juga siswa dalam kategori cukup, kurang dan sangat kurang dengan persentase sebesar 32,22% dengan rincian sebesar 14,81% dalam kategori cukup, 3,70% dalam kategori kurang dan 3,70% dalam kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model Learning Cycle 7E tergolong baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Learning Cycle 7E dan kemampuan pemahaman konsep
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics > QA37.3.1.64 Applied Mathematics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Users 2704 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:52
Last Modified: 07 Nov 2019 06:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15127

Actions (login required)

View Item View Item