SEMBIRING, MELKI SEDEK and Achmad, Ruben and Ikhsan, Rd.Muhammad (2014) UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA DI BIDANG PENDIDIKAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_02101001084.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (90MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02101001084_9990482266_0021026805_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (25MB) |
|
Text
RAMA_74201_02101001084_9990482266_0021026805_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (22MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02101001084_9990482266_0021026805_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (24MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02101001084_9990482266_0021026805_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02101001084_9990482266_0021026805_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02101001084_9990482266_0021026805_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Indonesia diatur didalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2003 adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar perserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan dirinya masyarakat, bangsa dan negara. Seperti halnya dengan fenomena-fenomena kejahatan dalam dunai pendidikan tikda luput dari tindak kejahatan dan pelanggaran itu sendiri, misalnya praktik-praktik pemalsuan ijazah, adapun permasalahan yang timbul adalah upaya apa yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dan mencegah tindak pidana di bidang pendidikan terutama terhadap praktik pemalsuan ijazah, serta mengetahui faktor penghambat dalam upaya penanggulangan dan pencegahan tersebut. Adapun penelitian yang dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut dengan cara menganalisis data mengunakan metode deskriptif analisis dengan mengunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus, yang mengunakan data hasil studi lapangan sebagai data primer dan studi pustaka sebagai data sekunder. Data tersebut dianalisis dan diolah dengan metode kualitatif dan teknik penarikan kesimpulan secara induktif Berdasarkan hasil penelitian diketahui, bahwa upaya penanggulangan dapat ditempuh melaluijalur penal melalui sistem peradilan pidana dan penerapan hukum baik dalam KUHP maupun UndangUndang Sistem Pendidikan Nasional, dan jalur non penal melalui peran aktif pemerintah maupun masyarakat dalam menyikapin praktik-praktik pemalsuan ijazah, kendala yang dihadapi dalam penanggulanagn di tingkat kepolisian kurangnya sikap kooperatif dari pihak terkait dalam pengusutan kasus ijazah palsu, sedangkan kendala di tingkat dari pihak terkait adalah kurangnya sikap objektifpenegak hukum dalam menilai perkara Kata Kunci: Upaya Penanggulangan, Tindak Pidana Pendidikan, Kebijakan Hukum Pidana, Ijazah Palsu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Penanggulangan, Tindak Pidana Pendidikan, Kebijakan Hukum Pidana, Ijazah Palsu |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence K Law > K Law (General) > K5015.4-5350 Criminal law |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 04:40 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 04:40 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/151468 |
Actions (login required)
View Item |