ANALISIS FAKTOR CUACA TERHADAP KINERJA SISTEM SHOVEL TRUCK DI LOKASI PIT E PT BUKIT ASAM, Tbk ATAS PERTIMBANGAN FAKTOR KESELAMATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN

HARLIN, RIKA and Toha, M. Taufik and Ibrahim, Eddy (2024) ANALISIS FAKTOR CUACA TERHADAP KINERJA SISTEM SHOVEL TRUCK DI LOKASI PIT E PT BUKIT ASAM, Tbk ATAS PERTIMBANGAN FAKTOR KESELAMATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN. Masters thesis, SRIWIJAYA UNIVERSITY.

[thumbnail of RAMA_31101_0304268226010.pdf] Text
RAMA_31101_0304268226010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31101_03042682226010_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_31101_03042682226010_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (61MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116203_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116203_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_02.pdf] Text
RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_03.pdf] Text
RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (815kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_04.pdf] Text
RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_05.pdf] Text
RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_05.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (457kB)
[thumbnail of RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_06_REF.pdf] Text
RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_06_REF.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_07_LAMP.pdf] Text
RAMA_31101_03042682226010_8864000016_0022116103_07_LAMP.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Bukit Asam merupakan perusahaan pertambangan batubara yang beroperasi di Indonesia, terletak di Kecamatan Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Luas area Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang dimilikinya mencapai 93.000 hektar. Salah satu izin usaha penambangan yang dimiliki oleh PT. Bukit Asam adalah PIT E Bangko Tengah. Proses pengupasan lapisan tanah penutup, atau overburden, adalah bagian integral dari kegiatan penambangan dan dapat signifikan memengaruhi efisiensi dan efektivitas operasi. Rangkaian kerja menggunakan alat gali muat (excavator) dan alat angkut (truck) untuk memindahkan material dari front (titik pemuatan) ke tempat pembuangan (tempat disposal). Target pengupasan overburden pada tahun 2023 PT. Bukit Asam, Tbk telah ditetapkan sebesar 43.000.000 bcm, namun realisasi produksi pada triwulan 1 mencapai 8.847.817 bcm, atau sekitar 21% dari total target tersebut. Dengan demikian, pencapaian produksi pengupasan overburden di PIT E belum memenuhi target yang telah ditetapkan. Tidak tercapainya target pengupasan overburden dapat disebabkan beberapa faktor, seperti adanya pengaruh cuaca yang menyebabkan produktivitas shovel-dumptruck yaitu waktu kerja efektif dan cycle time. Pengangkutan material dalam penambangan batubara tambang terbuka dengan menggunakan sistem shovel-dump truck di PT. Bukit Asam merupakan aspek krusial dalam mencapai target produksi. Perencanaan kebutuhan alat angkut melibatkan analisis data cycle time yang diperoleh dari pengamatan lapangan serta perhitungan teoritis berdasarkan rimpull dump truck. Namun, produktivitas aktual sistem shovel-dump truck sering kali tidak konsisten dengan perkiraan teoritisnya, yang disebabkan oleh kompleksitas multivariabel yang memengaruhi waktu kerja efektif dan cycle time. Untuk memperkirakan cycle time secara teoritis, metode AHP (Analytical Hierarchy Process) digunakan melalui kuisioner dominasi antar variabel guna mengidentifikasi faktor-faktor dominan yang mempengaruhi waktu kerja efektif dan cycle time. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak faktor cuaca terhadap kinerja sistem shovel truck di lokasi Pit E Banko Tengah PT. Bukit Asam, Tbk, dengan memprioritaskan keselamatan operasional penambangan batubara sebagai faktor utama. Lokasi penelitian dipilih karena Pit E Banko Tengah memiliki tingkat produksi batubara yang mencapai 7 juta ton per tahun, didukung oleh metode penggalian satu lapisan dan penggunaan peralatan big digger yang efisien. Dalam upaya meningkatkan produktivitas pengupasan overburden, analisis menyeluruh perlu dilakukan, dengan mempertimbangkan faktor keselamatan untuk mengurangi kerugian akibat lost opportunity (LO) di area penambangan. Penelitian ini fokus pada identifikasi faktor koreksi yang mempengaruhi waktu kerja efektif dan cycle time menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Variabel yang dianalisis meliputi waktu yang tidak produktif akibat cuaca, seperti persiapan kerja, pemanasan mesin, perjalanan dari dan ke area parkir, menunggu pembersihan area kerja, pengisian bahan bakar, istirahat makan, pergantian shift, perbaikan, dan perawatan alat. Analisis ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana kondisi cuaca, baik hujan maupun kemarau, mempengaruhi efisiensi operasional sistem shovel truck, serta memberikan dasar untuk pengembangan strategi mitigasi risiko dan peningkatan produktivitas secara keseluruhan. Hasil analisis menunjukkan bahwa produktivitas aktual sistem shovel dump truck cenderung lebih rendah, yaitu 0,30 pada curah hujan tinggi dan 0,11 pada curah hujan rendah, dibandingkan dengan perkiraan teoritisnya. Pengamatan menunjukkan bahwa waktu kerja efektif aktual sebesar 67,79%, sedangkan hasil pemodelan menunjukkan waktu kerja efektif sebesar 51,52%. Sementara itu, waktu kerja efektif realisasi rata-rata tahunan adalah 47,08%. Cycle time aktual bulan Februari (musim hujan) mencapai 22,03 menit, cycle time aktual bulan Juni (musim kemarau) sebesar 13,57 menit, sedangkan cycle time teoritis adalah 17,72 menit (musim hujan) dan 10,03 menit (musim kemarau), kemudian cycle time pemodelan adalah 21,79 menit. Dalam pendekatan teoritis, kecepatan maksimum aktual alat dipertimbangkan sebesar 17,65 km/jam. Pengaruh multivariabel dominan pada waktu kerja efektif meliputi faktor disiplin kerja (47,30%), cuaca (25,60%), maintanance dan repair (16,40%), isi bahan bakar (5,30%), dan luas area di front dan disposal (5,30%). Sedangkan pada cycle time, faktor-faktor dominannya adalah topografi (43,50%), slippery (30,40%), kepadatan jalan (14,70%), jarak pandang (6,00%), dan penyiraman jalan (5,30%). Meskipun demikian, nilai Mechanical Availability (MA), Physical Availability (PA), dan Used Availability (UA) selama enam bulan terakhir mengalami variasi, dengan nilai Effective Utilization (EU) cenderung rendah, umumnya di bawah 50%. Dalam manajemen risiko K3 operasi pengangkutan, penting untuk mengidentifikasi potensi bahaya selama kegiatan penggalian, pengangkutan, penimbunan, dan pemadatan. Analisis tersebut mengungkapkan dampak signifikan dari faktor cuaca terhadap produktivitas sistem shovel truck. Dalam kondisi curah hujan tinggi, produktivitas aktual cenderung lebih rendah dibandngkan dengan perkiraan teoritis, dengan nilai penurunan efisiensi kerja sebesar 0.30. implikasinya, cuaca yang buruk membatasi waktu kerja efektif yang dapat dilihat melalui perbandingan antara waktu kerja efektif rencana dan hasil pemodelan dengan waktu kerja efektif realisasi yang lebih rendah. Demikian pula cycle time aktual juga mengalami peningkatan, menandakan penurunan efisiensi operasional. Faktor cuaca menunjukkan peran dominan dalam mempengaruhi waktu kerja efektif, dengan kontribusi signifikan sebesar 25,60% dalam pengaruh multivariabel dominan. Dampak lain dari faktor cuaca terlihat pada cycle time, dimana kondisi topografi, tingkat sippery, dan kondisi jalan secara langsung mempengaruhi performa operasional. Walaupun demikian, nilai Mechanical Availability (MA), Physical Availability (PA), dan Used Availability (UA) mengalami variasi selama enam bulan terakhir, dengan nilai Effective Utilization (EU) cenderung rendah, menunjukkan perlunya penigkatan pengindentifikasi potensi bahaya selama kegiatan penggalian, pengangkutan, penimbunan, dan pemadatan dalam konteks meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional. Pengaruh cuaca, seperti jalan berdebu selama musim kemarau, dapat mengurangi kecepatan dump truck dan meningkatkan risiko kecelakaan. Penyiraman jalan dapat menjadi solusi untuk mengurangi debu dan risiko tergelincirnya dump truck. Kata kunci : overburden, metode AHP, waktu kerja efektif, cycle time, sistem shovel dump-truck.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: overburden, metode AHP, waktu kerja efektif, cycle time, sistem shovel dump-truck.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN331-347 Mine transportation, haulage and hoisting. Mining machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31101-Mining Engineering (S2)
Depositing User: Rika Harlin
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:56
Last Modified: 18 Jul 2024 07:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/151660

Actions (login required)

View Item View Item