KNOWLEDGE EXTRACTION TERHADAP ULASAN APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN METODE ASPECT-BASED SENTIMENT ANALYSIS

RAMADINA, ANGGUN and Tania, Ken Ditha (2024) KNOWLEDGE EXTRACTION TERHADAP ULASAN APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN METODE ASPECT-BASED SENTIMENT ANALYSIS. Undergraduate thesis, Sriwijaya Univeristy.

[thumbnail of RAMA_57201_09031282025039_cover.jpg] Image
RAMA_57201_09031282025039_cover.jpg - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_09031282025039.pdf] Text
RAMA_09031282025039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282025039_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031282025039_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282025039_0018078502_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031282025039_0018078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_57201_09031282025039_0018078502_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031282025039_0018078502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282025039_0018078502_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031282025039_0018078502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282025039_0018078502_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031282025039_0018078502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282025039_0018078502_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031282025039_0018078502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282025039_0018078502_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031282025039_0018078502_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282025039_0018078502_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031282025039_0018078502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan pengguna dalam menentukan dan membuat keputusan untuk menggunakan sesuatu produk atau kini tidak hanya berlandaskan dari ulasan langsung dari orang terdekat namun dilandaskan juga dengan opini pengguna lainnya, terkhusus opini dari social media. Hal ini merupakan salah satu dari banyaknya dampak dari penggunaan social media yang selalu berkembang setiap harinya. Manfaat dari opini pengguna produk atau sebuah jasa pada sosial media tidak hanya dirasakan oleh pengguna lainnya. Pihak perusahaan produk atau jasa tersebut juga dapat merasakan manfaatnya dikarenakan penilaian dari opini yang tinggi, diikuti dengan opini yang positif dapat menghadirkan keuntungan bisnis dan membangun reputasi produk atau jasa yang baik sehingga reportasi produk atau jasa tersebut memengaruhi penjualan. Hal ini dibuktikan oleh kesukesan Gojek yang lima tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan Brand Comparisson pada Top Brand Award’s. Studi yang mempelajari komputasi opini dan emosi terhadap sebuah produk atau jasa disebut dengan analisis sentiment, sebuah metode yang mampu mengidentifikasi, memahamai, mengkategorikan perasaan dari ulasan pengguna. Analisis sentimen erdapat dua pendekatan yaitu Knowledge Base (KB) dan Machine Learning (ML). Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan KB yang dapat diimplementasikan pada analisis sentimen yaitu Knowlegde Extraction (KE) yaitu sebuah proses ekstraksi, merelasikan, dan menggenarilisis informasi yang dapat disimpan dalam sebuah format, salah satunya XML. Berkaitan hal tersebut juga, KE dapat menerapkan Aspect-based Sentiment Analysis (ABSA). Pada penelitian ini telah dilakukannya ekstraksi terhadap ulasan pengguna aplikasi Gojek dengan aspek Harga dan Driver dengan menggunakan model machine learning lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Knowledge Extraction, Aspect-Based Sentiment Analysis
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Anggun Ramadina
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:54
Last Modified: 22 Jul 2024 06:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/152168

Actions (login required)

View Item View Item