PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 05 PEMULUTAN

SHABIRAH, AFRA and Laihat, Laihat and Arifin, Amir (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 05 PEMULUTAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06131282025035.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025035_TURNITIN] Text
RAMA_86206_06131282025035_TURNITIN - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_01_front_ref] Text
RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_01_front_ref - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (733kB)
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_02] Text
RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_02 - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_03] Text
RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_03 - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_04] Text
RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_04 - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_05] Text
RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_05 - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_06_ref] Text
RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_06_ref - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_07_lamp] Text
RAMA_86206_06131282025035_0010026111_0003128203_07_lamp - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 05 Pemulutan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Pre- Experimental Designs, Yaitu, One Group Pretest-Posstes Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang sekaligus sebagai sampel penelitian. Model pembelajaran pada penelitian ini adalah Mind Mapping. Instrumen ini mengunakan uji validitas dan reliabilitas serta teknik Tes membagikan soal Pretest-Posttest. Dan analisis data menggunakan uji normalitas dan Uji Hipotesis Atau T. Adapun hasil keterangan Uji Hipotesis T menunjukkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan Model Mind Mapping , nilai koefisien (β) untuk kelas eksperimen Hasil nilai pretest kelas eksperimen yaitu dengan nilai rata-rata 71,00 Nilai koefisien determinasi sebesar 77,1% berarti varian dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dapat dijelaskan oleh variabel mind mapping. Sedangkan 22,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar mind mapping. Pengaruh peserta didik dalam penggunaan model mind mapping dengan nilai t hitung 3,568 > t tabel 2,262, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tersebut diterima yang paling berpengaruh pada hasil belajar siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien (β) untuk kelas eksperimen posttest yaitu sebesar 0,654. Hasil uji hipotesis pertama dengan uji t memperoleh t hitung penggunaan mind mapping sebesar 3,642 lebih besar dari t tabel sebesar 2,01 pada taraf signifikan 5%. Artinya hipotesis pertama dinyatakan diterima, yaitu bahwa pengaruh mind mapping positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 5 Pemulutan . Serta Berdasarkan hasil Keterangan Respon Angket peserta didik, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 05 Pemulutan. Yaitu hasil dari presentase berupa 85% yang Positif setuju sedangkan 50 Menyatakan tidak setuju. Bahkan dapat dikatakan rata-rata banyak yang mengatakan setuju itulah sebab dinyatakan bahwa Penggunaan model Pembelajaran Mind Mapping sangat bermanfaat, dapat mengemukakan pendapat,sangat termotivasi, lebih menarik, menemukan inspirasi ide atau gagasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mind Mappping, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Afra Shabirah
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:32
Last Modified: 05 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/152763

Actions (login required)

View Item View Item