STRATEGI CITY BRANDING CHARMING PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA KOTA PALEMBANG (STUDI PADA DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG)

TRIOPANSY, AISYAH MAUDIVANI and Mahriani, Retna and Pratiwi, Miftha (2024) STRATEGI CITY BRANDING CHARMING PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA KOTA PALEMBANG (STUDI PADA DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025212_0009126007_0031059202_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

City branding menjadi salah satu strategi yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk memperkenalkan dan menciptakan citra tertentu sebuah kota. Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang mempunyai tanggungjawab dari pemerintah daerah dalam melaksanakan strategi city branding Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi city branding yang dilakukan oleh Dispar Kota Palembang dalam meningkatkan daya tarik wisata Kota Palembang. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori city branding oleh Kotler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dispar Kota Palembang telah melakukan strategi pemasaran melalui memperbanyak event, melakukan promosi di media sosial dan media massa, melakukan kerjasama dengan beberapa pihak pemerintah dan swasta. Dispar Kota Palembang juga melibatkan masyarakat dalam memasarkan city branding Charming Palembang. Meskipun telah melakukan berbagai strategi pemasaran, terdapat kekurangan dalam implementasi strategi city branding ini yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap Charming Palembang, belum bervariatif dalam memasarkan atraksi wisata, kurangnya kualitas prasarana, dan partisipasi positif masyarakat dalam membangun city branding Kota Palembang. Peningkatan dan perbaikan dalam implementasi strategi city branding Charming Palembang ke depannya diperlukan agar dapat memberikan dampak berkelanjutan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Kota Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pariwisata, Komunikasi Pemasaran, Citra Kota, Dinas Pariwisata.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Aisyah Maudivani Triopansy
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:05
Last Modified: 23 Jul 2024 02:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/152789

Actions (login required)

View Item View Item