NURJANNAH, UMI and Aliana, Zainul Arifin and Masri, R.H.M Ali (2010) PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PLAY GROUP DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISLAM TERPADU PERMATA HATI PALEMBANG: SUATU KAJIAN BERDASARKAN FUNGSI BAHASA HALLIDAY. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06053112019.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (94MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06053112019_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) |
|
Text
RAMA_88201_06053112019_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06053112019_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06053112019_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (52MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06053112019_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06053112019_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06053112019_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini, yaitu apakah ujaran anak play group di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Permata Hati (disingkat PAUD IT Permata Hati) Palembang memenuhi fungsi bahasa Halliday dan bagaimana pola-pola interaksi ujarannya, berdasarkan fungsi-fungsi bahasa Halliday. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain bujur {longitudinal design). Sumber data penelitian ini adalah ujaran-ujaran yang diproduksi oleh siswa play group PAUD IT Permata Hati. Data dikumpulkan dengan teknik pengamatan, teknik catat, dan teknik perekaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak memperoleh ketujuh fungsi bahasa Halliday, yakni fungsi instrumental, fungsi regulasi, fungsi interaksional, fungsi personal, fungsi heuristik, fungsi imajinatif, dan fungsi informatif seperti yang dikemukakan oleh Halliday. Dari ketujuh fungsi bahasa yang dikemukakan Halliday, fungsi yang dominan digunakan oleh anak play group adalah fungsi personal yang selanjutnya diikuti fungsi interaksional. Sedangkan fungsi yang jarang digunakan adalah fungsi heuristik. Untuk fungsi-fungsi yang lain diperoleh anak, walaupun tidak sebanyak fungsi personal dan interaksional. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa semua pola interaksi terpenuhi. Namun demikian, ada beberapa pola yang jarang ditemukan yaitu pola permintaan umum penjelas, pola perintah khusus permintaan izin dan penawaran bantuan, pola sambutan umum, pola belajar, pola ekspresi sanggahan, dan pola inisiasi heuristik. Di samping itu ditemukan pola baru yaitu pola permintaan khusus normal dan penjelas, pola inisiasi interaksional ajakan, pola ekspresi tidak senang, marah, gembira, kagum, mengejek, takut, sedih dan kecewa, dan pola imajinasi bercerita. Kata-kata kunci: pemerolehan bahasa, ujaran anak play group, fungsi bahasa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemerolehan bahasa, ujaran anak play group, fungsi bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 02:07 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 02:07 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/152895 |
Actions (login required)
View Item |