PEMAHAMAN KETERAMPILAN DASAR KONSELING MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

ABRORI, MUHAMMAD ADIVA and AR, Silvia (2024) PEMAHAMAN KETERAMPILAN DASAR KONSELING MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86201_06071382025053.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025053_0002049202_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025053_0002049202_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (846kB)
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025053_0002049202_02.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025053_0002049202_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025053_0002049202_03.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025053_0002049202_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025053_0002049202_04.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025053_0002049202_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025053_0002049202_05.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025053_0002049202_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025053_0002049202_06_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025053_0002049202_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025053_0002049202_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025053_0002049202_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025053_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025053_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Konseling merupakan layanan penting dalam dunia pendidikan untuk membantu individu dalam perkembangan akademik, pribadi, dan sosial. Namun, dalam praktiknya, masih ada mahasiswa bimbingan dan konseling yang belum sepenuhnya memahami keterampilan dasar konseling, sehingga menghambat kemampuan mereka dalam melakukan konseling secara mandiri maupun tatap muka dengan konseli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman keterampilan dasar konseling pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel non-probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sriwijaya angkatan 2020 dan 2021 yang berjumlah 155 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner skala Guttman berupa google form. Berdasarkan hasil analisis, 155 mahasiswa memiliki kategori pemahaman sangat baik sebanyak 9 orang (5,8%), kategori baik sebanyak 72 orang (46,45%), kategori cukup baik sebanyak 52 orang (33,54%), kategori tidak baik sebanyak 20 orang (12,9%), dan kategori sangat tidak baik sebanyak 2 orang (1,29%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar konseling mahasiswa secara keseluruhan tergolong baik, hanya sebagian kecil mahasiswa yang pemahamannya masih tergolong cukup, tidak baik hingga sangat tidak baik. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman dan penguasaan keterampilan dasar konseling bagi seluruh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sriwijaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Keterampilan Dasar Konseling, Bimbingan dan Konseling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Muhammad Adiva Abrori
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:39
Last Modified: 24 Jul 2024 07:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/153197

Actions (login required)

View Item View Item