HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMAN KARANG JAYA

ANNISA, ZAKIYYAH and AR, Silvia (2024) HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMAN KARANG JAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86201_06071382025075.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025075_0002049202_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025075_0002049202_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025075_0002049202_02.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025075_0002049202_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025075_0002049202_03.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025075_0002049202_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025075_0002049202_04.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025075_0002049202_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025075_0002049202_05.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025075_0002049202_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025075_0002049202_06_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025075_0002049202_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025075_0002049202_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025075_0002049202_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025075_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025075_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja dikenal sebagai masa dimana hubungan dengan teman sebaya amat penting karena mereka lebih sering menghabiskan waktu bersama. Hal ini dapat menyebabkan mereka mudah terpengaruh oleh teman sebaya. Untuk menghindari hal tersebut individu harus memiliki kemampuan dalam berperilaku asertif dan dapat meregulasi emosinya agar dapat mengambil tindakan yang tepat ketika dihadapkan pada suatu situasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku asertif pada siswa kelas XI SMAN Karang Jaya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 69 siswa sebagai sampel melalui google form dan menggunakan skala likert sebagai instrumen penelitiannya. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah data terbanyak pada tingkat regulasi emosi 75.3% dan perilaku asertif 68.1% yang masing-masing berada pada kategori “sedang” dan menghasilkan 0.243 sebagai nilai korelasi pearson product moment yang menunjukkan adanya hubungan yang lemah/ rendah sesuai dengan interval koefisien 0.20 – 0.39 dan searah antara regulasi emosi dan perilaku asertif pada siswa kelas XI SMAN Karang Jaya, artinya semakin tinggi kemampuan siswa dalam meregulasi emosinya semakin tinggi juga perilaku asertifnya, sebaliknya semakin rendah kemampuan siswa dalam meregulasi emosinya semakin rendah juga perilaku asertifnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Regulasi Emosi, Perilaku Asertif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Zakiyyah Annisa
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:41
Last Modified: 24 Jul 2024 07:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/153199

Actions (login required)

View Item View Item