SISMANINGTYAS, DESTI and Nurbaya, Nurbaya and Alwi, Zahra (2018) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021381419037_0015085406_0006125201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (260kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021381419037_0015085406_0006125201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (107kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419037_0015085406_0006125201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419037_0015085406_0006125201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (336kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419037_0015085406_0006125201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (76kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419037_0015085406_0006125201_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (64kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419037_0015085406_0006125201_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model kooperatif tipe round table terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu kelas VII.A berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model kooperatif tipe round table dan kelas VII.B yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 62,74 meningkat menjadi 84,79 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 22,05. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 59,83 meningkat menjadi 80,23 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 20,04. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung = 3,981> ttabel 1,996 dengan df67 pada tingkat signifikan 95% (α=0,025). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks deskripsi kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Dengan demikian, Ha berbunyi “Ada perbedaan antara keterampilan siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe round table dan siswa yang belajar dengan menggunakan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks deskripsi” diterima. Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe round table lebih berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII Srijaya Negara Palembang. Kata kunci: Pengaruh model kooperatif tipe round table, Menulis teks deskripsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh model kooperatif tipe round table, Menulis teks deskripsi |
Subjects: | P Language and Literature > PJ Oriental languages and literatures > PJ1091-1109 Egyptian writing and its decipherment |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2674 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 07:57 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 07:57 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15379 |
Actions (login required)
View Item |