LIANI, LISA and Alfiandra, Alfiandra and Kurnisar, Kurnisar (2018) PERBANDINGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL DENGAN THE POWER OF TWO PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87205_06121405028 _0005026703_NIDN2_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (843kB) | Preview |
Text
RAMA_87205_06121405028 _0005026703_NIDN2_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (259kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06121405028 _0005026703_NIDN2_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (260kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06121405028 _0005026703_NIDN2_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (410kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06121405028 _0005026703_NIDN2_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06121405028 _0005026703_NIDN2_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (94kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06121405028 _0005026703_NIDN2_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar siswa antara menggunakan model kooperatif tipe the learning cell dengan the power of two dalam mata pelajaran PPKn di SMPN 19 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini 278 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 63 siswa yang ditentukan menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan keaktifan belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell dan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two. Dimana dibuktikan melalui hasil uji hipotesis bahwa sig = .000 < .05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian diketahui bahwa nilai rata-rata pada kedua kelas memiliki nilai yang berbeda. Pada kelas the learning cell memiliki nilai rata-rata sebesar 72.44 sedangkan nilai rata-rata pada kelas the power of two adalah sebesar 66.84.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, The Learning Cell, The Power Of Two. |
Subjects: | #1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Semester Learning Plan (RPS) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2590 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 07:19 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 07:19 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15432 |
Actions (login required)
View Item |