PEMODELAN DAN VALIDASI EKSPERIMENTAL KONSUMSI ENERGI SEPEDA MOTOR LISTRIK SE-ZEM 1

FADILAH, RIZKI and Zulkarnain, Zulkarnain and Gunawan, Gunawan (2024) PEMODELAN DAN VALIDASI EKSPERIMENTAL KONSUMSI ENERGI SEPEDA MOTOR LISTRIK SE-ZEM 1. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_21201_03051282025079.pdf] Text
RAMA_21201_03051282025079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051282025079_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_21201_03051282025079_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (923kB)
[thumbnail of RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_02.pdf] Text
RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_03.pdf] Text
RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_04.pdf] Text
RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_05.pdf] Text
RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_06_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_07_lamp.pdf] Text
RAMA_21201_03051282025079_0010058102_0007057702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sepeda motor menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas, terkhususnya di Indonesia. Jumlah penduduk yang padat, pembangunan jalan yang belum merata dan jalan jalan sempit menjadi faktor utamamya. Jumlah yang begitu besar menimbulkan kekhawatiran percepatan pemanasan global tak terbendung. Kendaraan listrik dapat menjadi salah satu pilihan untuk membantu penghematan energi untuk masa depan pada bidang transportasi Pengembangan sepeda motor listrik hanya mendapat sedikit perhatian dari dunia. Kebanyakan negara hanya fokus pada pengembangan mobil listrik daripada sepeda motor listrik. Negara berkembang seperti Indonesia dan negara negara Asia Tenggara berpeluang besar untuk pengembangan sepeda motor listrik. Masalah pada kendaraan listrik adalah jarak tempuhnya yang masih kecil oleh karena itu pada proses riset dan pengembangan sepeda motor listrik harus berfokus pada analisis konsumsi energi, sehingga desain rancangan yang dibuat dapat dievaluasi dan dioptimasi untuk meningkatkan performa sepeda motor listrik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pemodelan sepeda motor Listrik SE-ZEM 1 menggunakan persamaan matematika guna memprediksi konsumsi energi yang kemudian hasilnya divalidasi dengan pengujian eksperimental dan evaluasi desain sepeda motor listrik SE-ZEM 1. Dari simulasi yang dilakukan pada pemodelan maka dihasilkan nilai konsumsi energi 0,032 Wh/m dari jarak 38081 m dan energi yang dibutuhkan 1228 Wh sedangkan pada pengujian eksperimental dihasilkan nilai konsumsi energi sebesar 0,033 Wh/m. dari jarak 39200 m dan energi yang dibutuhkan 1316 Wh dimana pengujian eksperimental disini menggunakan metode pengujian jalan(on road test). Maka diantara perhitungan secara simulasi dan eksperimental mempunyai eror sebesar 3,03% yang menunjukan bahwa pemodelan telah dianggap berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan listrik, pemodelan dan simulasi, Matlab/Simulink, Validasi Eksperimental, Konsumsi energi
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1-4050 Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL221.13.D43 Electric vehicles--Power supply. Electric automobiles--Power supply. Fuel cells--Costs. Fuel cells--Government policy--United States. Electric vehicle industry. Fuel cell vehicles.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1-484 Motor vehicles. Cycles > TL221.13.D43 Electric vehicles--Power supply. Electric automobiles--Power supply. Fuel cells--Costs. Fuel cells--Government policy--United States. Electric vehicle industry. Fuel cell vehicles.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1-484 Motor vehicles. Cycles > TL221.13.H65 Electric vehicles--Power supply. Fuel cells
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Rizki Fadilah
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:36
Last Modified: 27 Aug 2024 04:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/156223

Actions (login required)

View Item View Item