STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH TURBO CYCLONE EMPAT SUDU DAN TURBO CYCLONE DUA SUDU TERHADAP ALIRAN FLUIDA DITINJAU PADA PENYEBARAN ALIRAN JET UDARA

NOPIANSAH, AWAL and Kaprawi, Kaprawi (2008) STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH TURBO CYCLONE EMPAT SUDU DAN TURBO CYCLONE DUA SUDU TERHADAP ALIRAN FLUIDA DITINJAU PADA PENYEBARAN ALIRAN JET UDARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_21201_03033150067.pdf] Text
RAMA_21201_03033150067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03033150067_0018015703_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03033150067_0018015703_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB)
[thumbnail of RAMA_21201_03033150067_0018015703_02.pdf] Text
RAMA_21201_03033150067_0018015703_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03033150067_0018015703_03.pdf] Text
RAMA_21201_03033150067_0018015703_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03033150067_0018015703_04.pdf] Text
RAMA_21201_03033150067_0018015703_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03033150067_0018015703_05.pdf] Text
RAMA_21201_03033150067_0018015703_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03033150067_0018015703_06.pdf] Text
RAMA_21201_03033150067_0018015703_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03033150067_0018015703_07_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03033150067_0018015703_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03033150067_0018015703_08_lamp.pdf] Text
RAMA_21201_03033150067_0018015703_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Aliran fluida yang melalui suatu laluan yang mengalami perubahan area akan mengalami perubahan kecepatan sehingga terbentuk suatu profil aliran fluida yang baru. Suatu aliran fluida yang melalui suatu outlet, jika aliran tersebut tanpa dipengaruhi, maka akan didapatkan nilai sudut dispersi jet (spread) antara 0° - 11,762°. Pada penelitian ini, aliran fluida dipengaruhi dengan sebuah alat yang berbentuk kipas tetap (turbo cyclone) pada saluran fluida yang nantinya diharapkan nilai sudut penyebaran (spread) yang lebih besar. Turbo cyclone sendiri berfungsi untuk merubah profil kecepatan sehingga terbetuk suatu aliran vortex. Setelah dilakukan penelitian ini dengan aliran fluida yang dipengaruhi turbo cyclone, maka didapat nilai sudut dispersi jet (spread) antara 12,442° - 22,620° untuk turbo cyclone dengan empat sudu, dan untuk aliran fluida yang di pengaruhi turbo cyclone dengan dua sudu didapat nilai sudut dispersi jet (spread) antara 0° - 22,620°. Untuk mencapai suatu nilai sudut dispersi yang maksimum, dilakukan variasi jarak turbo cyclone terhadap outlet untuk mendapatkan sudut maksimum. Maka dalam penelitan ini, diukur parameter yang dibutuhkan untuk mendapatkan kecepatan tiap anulus (sampai jari-jari maksimum dimana Vjet = 0 m/s) yang kemudian dapat diketahui discharge total suatu penampang jet yang didapat dari penjumlahan tiap-tiap anulus (cincin) pada penampang tersebut. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendapatkan perbedaan nilai sudut dispersi antara aliran yang tanpa dipengaruhi turbo cyclone dengan aliran yang dipengaruhi turbo cyclone empat sudu maupun turbo cyclone dua sudu. Dan perbedaan lain yang timbul adalah pada aliran jet udara yang terjadi. Pada aliran tanpa pengaruh turbo cyclone, aliran fluida pada outlet memiliki profil dengan Vmaksimum terdapat pada sumbu aliran (r = 0), sedangkan pada aliran fluida yang dipengaruhi turbo cyclone, profil kecepatannya memiliki Vmaksimum pada jarak jarijari (r ^ 0).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aliran fluida, Turbo cyclone
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1-1570 Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:28
Last Modified: 28 Aug 2024 08:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/156405

Actions (login required)

View Item View Item