PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING POLITIC CONTENT CREATOR MELALUI TIKTOK (STUDI KASUS PADA AKUN TIKTOK @XERONAV)

TRIAMANDA, ANTON and Andarini, Rindang Senja (2024) PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING POLITIC CONTENT CREATOR MELALUI TIKTOK (STUDI KASUS PADA AKUN TIKTOK @XERONAV). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228_0011028805_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228_0011028805_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228_0011028805_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228_0011028805_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228_0011028805_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228_0011028805_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228_0011028805_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228_0011028805_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (58kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228_0011028805_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228_0011028805_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228_0011028805_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228_0011028805_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228_0011028805_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228_0011028805_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025228_0011028805_08_Lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025228_0011028805_08_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (643kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena pengguna TikTok di Indonesia yang meningkat sehingga para content creator seperti Kevin Geraldi (@xeronav) harus membentuk personal branding yang kuat agar dapat mempertahankan eksistensinya di TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan personal branding yang dilakukan oleh Kevin Geraldi (@xeronav) sebagai politic content creator di TikTok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Personal Branding oleh Peter Montoya yang terdiri dari delapan konsep yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan, dan niat baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kevin Geraldi mengimplementasikan delapan konsep personal branding oleh Peter Montoya. Delapan konsep tersebut dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh TikTok. Terdapat dua dimensi yang menjadi keunggulan dalam pembentukan personal branding dari Kevin Geraldi, yaitu dimensi spesialisasi yang dimiliki oleh Kevin Geraldi pada bidang politik dan dimensi perbedaan berupa ciri khas penampilannya yang relevan dengan anak muda dan ciri khas gaya bicaranya yang tegas, frontal dan blak-blakan. Selain itu, Kevin menggunakan display name "Inspektur Nguyen" yang menjadi identitas unik agar menciptakan persepsi yang diinginkan dan mudah diingat. Kata kunci: Personal Branding, Content Creator, Politik, TikTok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Content Creator, Politik, TikTok
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Anton Triamanda
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:06
Last Modified: 17 Sep 2024 06:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/157314

Actions (login required)

View Item View Item