PENGEMBANGAN DIGITAL WORKSHEET BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA KELAS 8 SMP

AUDINA, CHAMILA PUTRI and Susanti, Ely and Aisyah, Nyimas (2024) PENGEMBANGAN DIGITAL WORKSHEET BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA KELAS 8 SMP. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682226009.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226009_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226009_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226009_0029098002_0010116402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kemampuan matematika yang diharapkan dapat dikembangkan di sekolah adalah kemampuan berpikir matematis siswa. Penelitian ini dilandasi karena ditemukan banyak siswa mengalami kesulitan berpikir matematis. Digital worksheets dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan digital worksheet berbasis inquiry pada materi bangun ruang kubus dan balok untuk meningkatkan berpikir matematis siswa kelas 8 SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu prelimanary dan prototyping. Tahap preliminary akan menghasilkan konsep, dan desain bahan ajar berbasis inquiry. Pada tahap prototyping terdiri dari lima tahapan, yaitu: self-evaluation, expert-review, one-to-one, small group, dan field test. Pada tahap expert-review data validitas didapatkan dari angket validasi ahli. Nilai rata-rata kevalidan yang diperoleh sebesar 87% dengan kategori sangat valid. Nilai rata-rata kepraktisan yang diperoleh sebesar 79% dengan kategori praktis. Siswa juga mampu berpikir secara matematis ketika mengerjakan soal yang diberikan, sehingga nilai yang diperoleh dari hasil jawaban siswa sebagian besar tergolong dalam kategori tinggi. Sebanyak 23 orang dengan persentase 79,3% dikategorikan sangat baik, kemudian sebanyak 3 orang dengan persentase 10,3% dikategorikan baik, sebanyak 1 orang dengan persentase 3,4% dikategorikan cukup, dan sebanyak 2 orang dengan persentase 6,9% dikategorikan kurang. Hasil wawancara berdasarkan indikator berpikir matematis diperoleh hasil indikator yang paling sering muncul adalah indikator spesialisasi. Sedangkan indikator yang paling jarang muncul adalah indikator mengajukan dugaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital Worksheet; Penelitian Pengembangan; Inkuiri; Berpikir Matematis
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q334-342 Computer science. Artificial intelligence. Algorithms. Robotics. Automation.
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Chamila Putri Audina
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:34
Last Modified: 24 Sep 2024 01:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/157607

Actions (login required)

View Item View Item