Hasil Ithenticate dan Hasil Review dari Prof.Dr. Kuncoro Diharjo untuk artikel berjudul: KOROSIFITAS AIR RAWA DALAM KONTEKS HITUNGAN KERUGIAN EKONOMIS TERHADAP INFRASTRUKTUR BERBAHAN BAKU BAJA DILINGKUNGAN AIR RAWA

-, - (2016) Hasil Ithenticate dan Hasil Review dari Prof.Dr. Kuncoro Diharjo untuk artikel berjudul: KOROSIFITAS AIR RAWA DALAM KONTEKS HITUNGAN KERUGIAN EKONOMIS TERHADAP INFRASTRUKTUR BERBAHAN BAKU BAJA DILINGKUNGAN AIR RAWA. In: Added Value of Energy Resources (AVOER 8), -, Palembang..

[thumbnail of Artikel Prosiding] Text (Artikel Prosiding)
m-Korosifitas Air Rawa ....pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 12 September 2030.

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://

Abstract

Sebagian besar wilayah Indonesia berupa rawa, banyak pembangunan prasarana seperti pabrik, instalasi pipa, dilakukan dalam lingkungan air rawa. Air rawa umumnya mempunyai kadar asam tinggi, dan mengandung sulfat, khlorida yang melebihi kondisi normal dimana zat-zat ini diketahui lebih agresif dalam menyebabkan korosi. Korosi adalah proses perusakan, pengurangan ukuran atau pengikisan terhadap suatu material yang disebabkan adanya reaksi dengan lingkungannya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Indro Widiono Sumantri didapatkan laju korosi pada air rawa dalam waktu pencelupan 24 jam, 48 jam, dan 72 jam rata-rata adalah 0,156 mm/tahun, Dan laju korosi pada air bersih dalam waktu pencelupan 24 jam, 48 jam dan 72 jam adalah rata-rata 0,065 mm/tahun. Laju korosi pada air rawa lebih cepat kurang lebih dua setengah kali dibandingkan dengan korosi pada air bersih. Hal ini mengindikasikan besarnya ancaman terhadap infrastruktur logam yang dibangun dikawasan air rawa, sehingga perlu antisipasi secara cermat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1-1570 Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Dr.Ir.H. Darmawi Bayin
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:59
Last Modified: 18 Nov 2019 02:59
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15786

Actions (login required)

View Item View Item