ANALISIS USER EXPERIENCE (UX) MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (STUDI KASUS : BSI MOBILE)

FANDINI, ACHMAD ENDIXI and Ruskan, Endang Lestari and Sevtiyuni, Putri Eka (2024) ANALISIS USER EXPERIENCE (UX) MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (STUDI KASUS : BSI MOBILE). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153_cover.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153_cover.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (820kB)
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (875kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (83kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031382025153_0017117801_0026098905_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi terus berkembang pesat, dan pengaruhnya terasa di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam aktivitas transaksi. Kesadaran masyarakat akan pentingnya teknologi meningkat seiring dengan bertambahnya kebutuhan di sektor ini. Kemajuan smartphone dan internet memungkinkan perusahaan memanfaatkan inovasi untuk meningkatkan layanan, memperluas pasar, dan mempromosikan produk, seperti yang dilakukan sektor perbankan dengan layanan mobile banking. Secara umum, metode penelitian didefinisikan sebagai pendekatan ilmiah untuk mengumpulkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dalam penelitian ini, peneliti memilih menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) karena metode ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, memungkinkan penilaian yang cepat terhadap User Experience (UX). Hasil analisis dari 153 responden menunjukkan bahwa Aplikasi Mobile Banking BSI Mobile mendapatkan evaluasi positif pada aspek Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty, berdasarkan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Namun, item terkait prediktabilitas dalam Dependability serta konservatif atau inovatif dalam Novelty memperoleh evaluasi netral. Dari kesimpulan di atas, nilai Aspek Attractiveness (Daya Tarik), Aspek Efficiency (Efisiensi) dan Aspek Dependability (Ketepatan) memperoleh nilai above average (di atas rata-rata). Hal ini diperlukannya peningkatan pada aspek tersebut seperti peningkatan pada beberapa fitur aplikasi BSI Mobile dan mempermudah penggunaan fitur pada aplikasi agar lebih efisien digunakan, agar ketiga aspek tersebut mendapatkan nilai good (bagus) atau excellent (luar biasa).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BSI Mobile, Pengalaman Pengguna, User Experience Questionnaire (UEQ), Evaluasi, Ulasan.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General)
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Achmad Endixi Fandini
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:14
Last Modified: 24 Sep 2024 07:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/157993

Actions (login required)

View Item View Item