PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CLASS-WIDE PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN KIMIA KELAS X MIA.3 SMAN 2 TANJUNG RAJA

ANDRAINI, ARISKA and Sanjaya, Sanjaya and M. Hadeli L, M. Hadeli L (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CLASS-WIDE PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN KIMIA KELAS X MIA.3 SMAN 2 TANJUNG RAJA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_01.front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_01.front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_02.pdf] Text
RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_03.pdf] Text
RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_04.pdf] Text
RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_05.pdf] Text
RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_06.ref.pdf] Text
RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_06.ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84204_06111010006_0007036305_0018086301_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIA.3 SMAN 2 Tanjung Raja melalui penerapan pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring (CWPT). Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Tanjung Raja dengan subyek penelitian peserta didik kelas X MIA.3 yang berjumlah 30 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan tiga siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran kimia sebelum tindakan (T0) terdapat 2 orang tuntas (6,67% ) dengan nilai ratarata hasil belajar sebesar 1,29. Pada siklus I (T1) terdapat 9 orang tuntas (30,00%) dengan nilai rata-rata 1,61. Pada siklus II (T2) terdapat 19 orang tuntas (63,33%) dengan nilai rata-rata sebesar 2,53. Pada siklus III (T3) terdapat 26 orang tuntas (86,67%) dengan nilai rata-rata sebesar 3,00. Hasil penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran CWPT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia ditunjukkan dari T3>T2>T1>T0.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Class-Wide Peer Tutoring, CWPT, Hasil belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1)
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:34
Last Modified: 12 Nov 2019 03:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15847

Actions (login required)

View Item View Item