AMBARWATI, MARETTHA DEVIARA and Suhery, Tatang and Ibrahim, Arief Rachman (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 14 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84204_0608101004_0012045902_0007085904_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (264kB) | Preview |
Text
RAMA_84204_0608101004_0012045902_0007085904_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (117kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_0608101004_0012045902_0007085904_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (108kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_0608101004_0012045902_0007085904_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (684kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_0608101004_0012045902_0007085904_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (41kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_0608101004_0012045902_0007085904_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (52kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan (Development Research) yang telah dilakukan melalui tiga tahap uji coba, one to one, small group dan field test adalah suatu penelitian yang bertujuan menghasilkan suatu produk pembelajaran berupa bahan ajar modul pada pokok bahasan ikatan kimia di kelas X IPA SMA Negeri 14 Palembang yang valid, praktis dan efektif. Kevalidan diketahui berdasarkan hasil validasi expert review, oleh ahli materi mendapatkan nilai 4,0 (valid), ahli berpikir kritis 4,2 (valid) dan ahli desain sebesar 3,8 (valid). Kepraktisan diketahui dari pemberian angket, dengan hasil sebesar 88,7% (sangat praktis) pada one to one dan 86,9% (sangat praktis) pada tahap small group, kefektifannya dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa dan didapatkan hasil sebesar 92% dan diperkuat dengan skor gain yaitu 0,717. Hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari 25% (tidak baik) menjadi 76% (baik). Hal ini menunjukan bahwa modul berbasis berpikir kritis pada pokok bahasan ikatan kimia di kelas X IPA SMA Negeri 14 Palembang yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian pengembangan, Modul Kimia, Berpikir Kritis, Ikatan Kimia |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 03:08 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 03:08 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/16034 |
Actions (login required)
View Item |