ANALISIS GEOMETRI JALAN TAMBANG UNTUK MENINGKATKAN KINERJA ALAT ANGKUT DUMP TRUCK SANY SKT 80S PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PT MANGGALA USAHA MANUNGGAL, LAHAT, SUMATERA SELATAN

FRATIWI, ADELIA and Yusuf, Maulana and Gobel, Alieftiyani Paramita (2024) ANALISIS GEOMETRI JALAN TAMBANG UNTUK MENINGKATKAN KINERJA ALAT ANGKUT DUMP TRUCK SANY SKT 80S PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PT MANGGALA USAHA MANUNGGAL, LAHAT, SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_31201_03021282025027.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025027_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025027_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (852kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_02.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_03.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_03.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_04.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (753kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_05.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (65kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_06_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_07_lamp.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025027_0025095903_0021089302_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (352kB) | Request a copy

Abstract

Jalan angkut tambang yang ideal sangat penting untuk meningkatkan kinerja alat angkut. Ketika geometri jalan tidak memenuhi standar, seperti grade yang terlalu tinggi dan lebar yang sempit, serta kondisi permukaan yang buruk, dapat terjadi peningkatan cycle time dan penurunan produktivitas. Di PT Manggala Usaha Manunggal, target produksi overburden pada bulan Februari adalah 234.400,35 bcm, namun produksi aktual hanya mencapai 96.170,40 bcm. Ketidaktercapaian ini disebabkan, antara lain, oleh geometri jalan angkut yang kurang ideal, yang memaksa alat angkut mengurangi kecepatan dan memperlama waktu travel dump truck. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi geometri jalan angkut aktual, membandingkannya dengan geometri standar berdasarkan Kepmen ESDM Nomor 1827 K/30/MEM/2018, serta menganalisis peningkatan produktivitas dump truck setelah perbaikan. Metode yang digunakan adalah data kuantitatif, menggabungkan teori, penelitian sebelumnya, serta data primer dan sekunder dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan desain layout jalan angkut dari front penambangan menuju disposal terdiri dari 5 segmen. Geometri jalan angkut aktual memiliki lebar antara 8,87-15,80 meter dan grade antara -4,97% hingga 15,45%. Berdasarkan ketentuan Kepmen ESDM, lebar jalan standar adalah 14 m, grade maksimal 12%, dan cros fall sebesar 0,28 m. Setelah perbaikan geometri jalan, terjadi peningkatan produksi overburden oleh dump truck sebesar 64,5%, dari 13.897,75 bcm/bulan menjadi 22.868,81 bcm/bulan per dump truck. Hal ini disebabkan perbaikan geometri jalan yang secara signifikan meningkatkan kecepatan waktu travel alat angkut, dari 15 menit 27 detik menjadi 9 menit 23 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: jalan angkut, pengangkutan overburden, geometri jalan
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN331-347 Mine transportation, haulage and hoisting. Mining machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Adelia Fratiwi
Date Deposited: 23 Dec 2024 13:20
Last Modified: 23 Dec 2024 13:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/161280

Actions (login required)

View Item View Item